News

Diduga Ada 'Tikus' Pencuri Uang Negara di Desa Siluman yang Dapat Kucuran Dana Pemerintah, di Mana?

Sebab, tidak tertutup kemungkinan ada desa lain yang mengalami nasib yang sama. Namun, tetap menerima dana desa dari pemerintah.

Diduga Ada 'Tikus' Pencuri Uang Negara di Desa Siluman yang Dapat Kucuran Dana Pemerintah, di Mana?
foto: via konfrontasi.com
Ilustrasi Pencuri Uang Negara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Desa 'siluman' dapat kucuran dana pemerintah dibongkar Pihak Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara.

Dilansir dari pewartaan Tribun Medan.com, Anggota Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara menemukan indikasi adanya "desa siluman" di Kabupaten Nias Barat.

Desa tersebut yakni Desa Kapokapo, terletak di Pulau Bawa, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, bahwa Pulau tersebut dapat ditempuh dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam dari Desa Sirombu. 

Abyadi Siregar, selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara mengatakan perihal dugaan "desa siluman" ini, mereka dapati karena adanya laporan dari warga Desa Sirombu.

Warga Desa Sirombu tampaknya keberatan atas adanya pembangunan fasilitas gedung olahraga di desa mereka.

Peta Pulau Nias
Peta Pulau Nias (Google Map)

Akan tetapi, dokumen terkait pembangunan gedung tersebut tercatat sebagai fasilitas olahraga kepemilikan atas nama Desa Kapokapo.

"Atas laporan ini kami melakukan penelusuran dengan memeriksa surat izin mendirikan bangunan (IMB) fasilitas olah raga tersebut," kata Abyadi, Sabtu (9/11/2019).

"Hasilnya diketahui IMB nya terbit atas munculnya surat rekomendasi dari Sekda Nias Barat no 050/2601 tertanggal 6 Agustus 2018 yang intinya merekomendasikan kepada pemerintah Desa Kapokapo untuk membangun fasilitas olah raga di Desa Sirombu," sambungnya.

Siregar menjelaskan bahwa, atas surat rekomendasi ini pihak Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) kemudian mengeluarkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) No. 067/0046/VIII/IMB/PM-PTSP/2018 tanggal 6 agustus 2018.

Halaman
1234
Penulis: Frandi Piring
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved