Anggaran Pilgub 2020 Rp 220 Miliar, Untuk Apa Saja Anggaran ini? Berikut Paparan Ketua KPU Sulut

KPU Sulut sebagai pihak penyelenggara mendapat dana Rp 220 miliar bersumber dari APBD Provinsi Sulut.

Anggaran Pilgub 2020 Rp 220 Miliar, Untuk Apa Saja Anggaran ini? Berikut Paparan Ketua KPU Sulut
Ryo/Tribun Manado
Anggaran Pilgub 2020 Capai Rp 220 Miliar, Untuk Apa Saja Anggaran ini? Berikut Paparan Ketua KPU Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey akhirnya meneken Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020.

KPU Sulut sebagai pihak penyelenggara mendapat dana Rp 220 miliar bersumber dari APBD Provinsi Sulut.

Untuk keperluan apa saja dana ini, berikut paparan Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh, disajikan tribunmanado.co.id dalam format questions and answers.

Andil ODSK, AA Maramis Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Kiprah dan Jasanya Terhadap Bangsa

Tribun Manado : Dana Pilkada sempat alot, kini sudah selesai dengan penandatangan NPHD, meski sempat terlambat,bagaimana tanggapan KPU?

Ketua KPU : Kalau dibilang alot tidak juga, karena sebenarnya sejak jauh-jauh hari kita sudah tuntas membahas jumlah anggaran yang dibutukan untuk menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020. Hanya memang penandatanganannya yang melampaui batas waktu yg ditentukan oleh peraturan. Namun, hal ini bagi KPU dapat memakluminya karena Pemerintah Provinsi ingin memastikan betul ketentuan yg mendasari penandatanganan NPHD. Ketika ketentuannya sudah jelas dan berdasar maka langsung ditandatangani.

Tribun Manado : Setelah dana ini tersedia, apa rencana KPU? Apa saja tahapan terdekat yang harus dilalui?

Ketua KPU : Sesungguhnya KPU telah mulai melaksanakan tahapan Pilgub sejak dilaunching oleh KPU RI tanggal 23 September lalu, antara lain yang sudah kita laksanakan adalah penyusunan pedoman teknis pemilihan.

Sudah ada 3 pedoman teknis yang kita tetapkan, yaitu terkait dengan program, jadwal, dan tahapan pemilihan, kemudian terkait pencalonan, serta terkait sosialisasi dan partisipasi masyarakat dalam pemilihan. Kegiatan tersebut dapat kita lakukan walaupun anggaran belum ada karena tidak signifikan pembiayaannya.

Tentu ketika anggaran sudah tersedia, maka tidak ada hambatan lagi bagi KPU untuk menyelenggarakan semua tahapan yang ada, antara lain kita akan segera mulai melaksanakan sosialisasi yang akan diawali dengan launching tahapan Pemilihan.

Kemudian kita juga akan segera melaksanakan Bimtek secara berjenjang dan bertahap. Selain itu, salah satu tahapan penyelenggaran yang sudah kita lakukan adalah menetapkan jumlah minimun dukungan, dan persebaran untuk calon perseorangan.

Halaman
1234
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved