Jokowi Minta Usut Tuntas Desa Fiktif dan Tangkap Pembuat Desa Fiktif

Heboh mengenai adanya desa fiktif atau desa siluman yang mendapat kucuran dana desa menjadi perbincangan hangat di publik.

Jokowi Minta Usut Tuntas Desa Fiktif dan Tangkap Pembuat Desa Fiktif
Screenshot Kompas TV
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Heboh mengenai adanya desa fiktif atau desa siluman yang mendapat kucuran dana desa menjadi perbincangan hangat di publik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkan jajarannya untuk segera menindak pembuat desa fiktif itu.

Jokowi Saat Membawakan Sambutan
Jokowi Saat Membawakan Sambutan (Antara Foto: Wahyu Putro)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut kemunculan desa-desa baru disebut ditujukan agar adanya kucuran dana desa yang mengalir kepada pihak-pihak tertentu.

Dikutip dari Kompas.com, Sri Mulyani menerima laporan banyak desa tak berpenduduk yang dibentuk agar bisa mendapat kucuran dana desa secara rutin tiap tahunnya.

"Kami mendengar beberapa masukan karena adanya transfer ajeg dari APBN maka sekarang muncul desa-desa baru yang bahkan tidak ada penduduknya. Hanya untuk bisa mendapatkan (dana desa)," ujar Sri Mulyani di depan anggota Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Sri Mulyani menilai pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen dengan membentuk desa baru agar mendapat aliran dana desa secara rutin.

Ia juga mengungkapkan akan memverifikasi terhadap laporan-laporan tersebut.

KPK Turun Tangan

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan membantu Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menangani kasus dugaan tindak pidana korupsi pembentukan desa.

Dikutip dari Kompas.com, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut KPK diminta turun tangan untuk melakukan supervisi dan memfasilitasi ahli dalam perkara tersebut.

Halaman
1234
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved