Nasional

Menteri Keuangan Sri Mulyani Temukan Desa Fiktif, Setiap Tahun Terima Kucuran Anggaran Dana Desa

Ada sebuah desa yang diduga tidak berpenghuni namun menerima anggaran dari pemerintah pusat melaui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Temukan Desa Fiktif, Setiap Tahun Terima Kucuran Anggaran Dana Desa
Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Ada sebuah desa yang diduga tidak berpenghuni namun menerima anggaran dari pemerintah pusat melalui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada sebuah desa yang diduga tidak berpenghuni namun menerima anggaran dari pemerintah pusat melaui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Dia menyebutkan fiktif.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan hal tersebut pada rapat kerja evaluasi kinerja 2019 dan rencana kerja 2020 bersama Komisi XI DPR RI terkait tantangan dalam penyaluran dana desa.

Semakin memperkuat dugaan Sri Mulyani, desa tersebut memang tidak terdaftar sebelumnya, jadi bisa dikatakan tidak berpenghuni.

Tetapi, pelaku yang membuat adanya desa itu belum diketahui siapa orangnya.

"Karena adanya transfer ajeg dana desa, ada desa-desa baru tidak ada penduduknya, tapi ada transfer tiap tahun," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/11/2019), dikutip dari laman Tribunnews, Senin (4/11/2019).

TKDD menjadi satu diantara belanja negara yang terus naik dan ditujukan untuk meningkatkan kemandirian suatu daerah.

"Kami dengan Kemendagri meningkatkan kualitas APBD dan rambu APBD di dalam mendorong indikator pertumbuhan dan pembangunan," kata Sri Mulyani.

Ia menambahkan jika TKDD saat ini naik 37,7 persen sejak awal dengan rata-rata kenaikan 7 persen tiap tahun.

"Artinya, transfer ke daerah makin hari makin besar. Ini bisa tingkatkan layanan publik dan ketimpangan antar daerah Jawa dan luar Jawa," imbuh dia.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved