Abu Rara Perintahkan Anak Tikam Wiranto: Hukuman Akan Diperberat

Mabes Polri mengungkap bahwa Abu Rara, terduga teroris yang juga pelaku penusukan terhadap Menkopolhukam

Abu Rara Perintahkan Anak Tikam Wiranto: Hukuman Akan Diperberat
Tribunnews Kolase
mengapa Wiranto jadi sasaran penusukan? 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Mabes Polri mengungkap bahwa Abu Rara, terduga teroris yang juga pelaku penusukan terhadap Menkopolhukam Wiranto sempat memerintahkan anaknya untuk melancarkan serangan. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Abu Rara telah meminta sang anak untuk menyerang aparat kepolisian.

Kapolri Larang Mobilisasi Massa: Panglima TNI Minta Anak Buahnya Cermati Info Intelijen

Anak Abu Rara sendiri juga dipersenjatai dengan jenis senjata sama seperti yang bersangkutan, yakni kunai. "Senjata yang digunakan untuk penyerangan itu ada tiga, satu digunakan oleh Abu Rara sendiri, satu digunakan istrinya (FA) dan satu digunakan anaknya. Anaknya menggunakan pisau ini dan sudah diperintahkan oleh Abu Rara untuk melakukan serangan terorisme kepada kepolisian," ujar Dedi, Kamis(17/10).

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menuturkan saat diperintah sang ayah anak dari Abu Rara ketakutan dan tidak menuruti perintah. "Tapi anaknya mengurungkan niatnya karena anaknya tidak berani. Yang berani (untuk melakukan serangan, - red) itu adalah Abu Rara sendiri dan istrinya," kata dia.

Kini, dua pisau yang digunakan Abu Rara dan FA itu tengah diperiksa di Laboratorium Forensik (Labfor) oleh kepolisian. "Dua pisau yang digunakan abu Rara dan istrinya saat ini lagi diperiksa di Labfor untuk memastikan sampel DNA-nya," ujar Dedi.

Pemkot Manado Raih Kembali Penghargaan Bhumandala Award 2019 dari Badan Informasi Geospasial

Polisi berencana memperberat hukuman kepada Abu Rara karena sudah memerintahkan melakukan penikaman terhadap Wiranto. "Kepada terduga teroris Abu Rara ini nanti akan dikenakan sanksi pidana yang jauh lebih berat yakni tambahan sepertiga hukuman sesuai UU Tahun 2016," ujar Dedi.

Menurutnya, Abu Rara telah memerintahkan serta mempengaruhi anak di bawah umur, dalam hal ini anaknya sendiri, untuk melakukan aksi terorisme. "Karena apa? Karena dia (Abu Rara) memerintahkan, mempengaruhi anak di bawah umur untuk melakukan serangan atau aksi terorisme," kata dia.

40 Teroris Ditangkap

Densus 88 Antiteror lanjut Dedi telah menangkap 40 terduga teroris usai penusukan terhadap Menkopolhukam Wiranto, beberapa waktu lalu. Jumlah terduga teroris ini bertambah 4 orang dari sebelumnya yang berjumlah 36 orang.

"Sampai saat ini ada 40 orang terduga tindak pidana terorisme. Pak Kadiv menyampaikan kemarin 36 orang, kemudian ada 4 orang yang berhasil diamankan hari ini," ujar Dedi.

Dedi kemudian menjabarkan identitas empat terduga teroris yang berhasil diamankan kemarin. Terduga teroris pertama berinisial OA yang ditangkap Densus 88 di Bandung. OA sendiri disebut merupakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Cirebon.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved