Lifestyle

Kurang Tidur Berisiko Turunkan Ingatan Hingga Sebabkan Alzheimer

Bukan hanya tak dapat menciptakan ingatan baru, jika kondisi ini didiamkan, selanjutnya akan berisiko menyebabkan penyakit Alzheimer

Kurang Tidur Berisiko Turunkan Ingatan Hingga Sebabkan Alzheimer
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur. Entah terbangun di malam hari atau bahkan tak bisa tidur sama sekali.

Kondisi yang tentu melelahkan, apalagi pekerjaan di pagi hari sudah menunggu.

Seorang ahli tidur menjelaskan apa yang sebenarnya akan terjadi pada otak kita, jika kita tak cukup tidur.

Matthew Walker, profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California dan penulis buku Why We Sleep mengungkap tentang segala sesuatu yang bisa terjadi pada tubuh setelah tidur malam yang buruk.

Salah satu informasi pertama yang dia berikan adalah bahwa hal itu berpengaruh pada ingatan kita.

"Kita tentu tahu, bahwa kurang tidur benar-benar dapat mencegah otak untuk membuat kenangan baru, jadi seolah-olah tanpa tidur yang cukup, memori otak dimatikan dan kamu tidak akan memiliki ingatan baru," kata Walker.

Baca: 7 Manfaat Kunyit yang Diakui Dunia Barat, Bisa Mencegah dan Mengobati Berbagai Penyakit

Baca: 10 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, dari Sauna Hingga Konsumsi Kacang-kacangan

Baca: 10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dan Susu, Bersihkan Perut Hingga Antioksidan Bagi Tubuh

Bukan hanya tak dapat menciptakan ingatan baru, jika kondisi ini didiamkan, selanjutnya akan berisiko menyebabkan penyakit Alzheimer.

" Kurang tidur akan menyebabkan peningkatan pengembangan protein beracun di otak yang disebut beta-amiloid dan ini berkaitan dengan penyakit Alzheimer,” jelas Walker.

“Karena saat tidur nyenyak di malam hari sistem pembuangan kotoran di dalam otak sebenarnya sedang membasuh protein beracun ini," lanjutnya.

Matthew menjelaskan, bahwa tingkat “daur ulang manusia" adalah 16 jam, dan jika kita mencapai 19 atau 20 jam tanpa beristirahat dengan benar, kondisi mental kita akan sama seperti orang yang sedang mabuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kurang Tidur Berisiko Turunkan Daya Ingat", https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/15/202455620/kurang-tidur-berisiko-turunkan-daya-ingat.

Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved