Taufik Hidayat Pernah Ikut Demo Bawaslu: Ditemukan Catatan ISIS di Rumahnya

Hilmy Salim (17), adik dari Taufik Hidayat, tersangka terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Cengkareng tidak menyangka sang kakak

Taufik Hidayat Pernah Ikut Demo Bawaslu: Ditemukan Catatan ISIS di Rumahnya
www.law-justice.co/artikel/47040/tiga-warga-blitar-dicokok-densus-88/
Ilustrasi Densus 88 Menangkap Teroris 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Hilmy Salim (17), adik dari Taufik Hidayat, tersangka terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Cengkareng tidak menyangka sang kakak harus ditahan karena keterlibatannya dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD). "Kagetlah saya. Dijemputnya bukan di rumah. Katanya sih di jalan waktu mau berangkat kerja" ujar Hilmy Salim.

Taufik Hidayat diketahui tinggal di rumah kontrakan bersama ayah dan dua orang adiknya yang masih sekolah di Jalan Bambu Larangan Rt 001/Rw 005, Cengkareng, Jakarta Barat. Menurut keterangan Hilmy, perilaku sang kakak berubah semenjak kepergian ibunya karena sakit paru-paru sekitar tiga tahun lalu.

Jabatannya Dicopot, Begini Reaksi Mantan Dandim Kendari Kolonel Hendi Saat Melihat Istrinya Menangis

"Perubahannya sih bertahap, mungkin dia merasa tersiksa karena ditinggal ibunya" ujar Hilmy. Padahal sebelumnya Hilmy menyaksikan sang kakak dikenal sebagai seorang yang rajin beribadah dan baik kepada keluarga.

"Baik orangnya sama keluarga. Rajin salatnya, sampai sekarang juga masih rajin. Nggak pernah ketinggalan salatnya," ujarnya.

Menurut Hilmy, teman merupakan satu diantara penyebab Taufik masuk dalam lingkaran jaringan kelompok radikal tersebut. "Gara-gara pergaulan juga, ikut-ikutan teman jadinya kebawa" ujarnya.

Hilmy juga mengatakan sang ayah sudah menasihati Taufik untuk tidak terpengaruh teman dan mengikuti kegiatan demo. "Iya dia ikut demo yang di Bawaslu kemarin. Ikut sambil bawa bendera. Itu diajak temannya" ujar pelajar 17 tahun itu.

Saat ini Hilmy hanya bisa berdoa agar kakaknya diberikan jalan keluar yang baik dari permasalahan yang dihadapinya. "Harapannya supaya kakak jadi orang yang lebih baik, nggak ikut-ikutan kaya begitu lagi" ujarnya.

Mantan Penyerang Liverpool Emile Heskey Sebut Firmino Sebagai Jembatan Sempurna

Buku ISIS

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan polisi menyita delapan lembar kertas catatan ISIS dan sebuah pisau lipat dalam tas selempang. Selain itu, ditemukan pula sebuah ikat kepala, 2 topi, selembar foto pahlawan pembela Islam, 7 buku, dan 3 bundel catatan.

Taufik juga diduga mengetahui rencana aksi serangan teror kelompok JAD Bekasi pimpinan Fazri Pahlawan alias Abu Zee Ghuroba. Pasangan suami istri tersangka pelaku penyerangan terhadap Menteri Kooordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto di Pandeglang, Banten pada Kamis (10/10), adalah anggota kelompok yang sama. "(Taufik) Berbaiat kepada Al Baghdadi bersama dengan Kelompok Abu Zee. Mengikuti idad di taman dan lapangan perumahan Puri Cendana," ujar Argo.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved