Selaras Citra Ekspor Perdana ke Amerika

Perusahaan original equipment manufacturer (OEM) elektronik lokal PT Selaras Citra Nusantara Perkasa merambah pasar Amerika Serikat

Selaras Citra Ekspor Perdana ke Amerika
kontan.co.id
PT Selaras Citra Nusantara Perkasa 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOGOR - Perusahaan original equipment manufacturer (OEM) elektronik lokal PT Selaras Citra Nusantara Perkasa merambah pasar Amerika Serikat (AS). Mereka kemarin menggelar seremoni pelepasan produk air purifier alias pembersih udara ke Negeri Paman Sam.

Baca: Novel Bamukmin Berseragam Advokat Penuhi Pemeriksaan Polisi

Ekspor perdana ke AS sebanyak 3.000 unit air purifier. Beberapa pelanggan Selaras Citra Nusantara seperti jaringan ritel Walmart dan ritel online Amazon.

Selaras Citra Nusantara mengharapkan di masa yang mendatang volume ekspor air purifier ke AS bisa bertambah. "Kami berharap nantinya dapat meningkatkan volume ekspor ke AS," ungkap Sundi, Chief Operation Officer PT Selaras Citra Nusantara Perkasa saat konferensi pers di pabrik Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/10).

Adapun ekspor ke AS melengkapi deret negara tujuan ekspor. Sejak tahun 2000 lalu, Selaras Citra Nusantara tercatat sudah menjajakan 1.000 peti kemas air purifier ke pasar Asia Tenggara.

Selain menambah tujuan ekspor, Selaras Citra Nusantara berharap bisa menambah produk ekspor. Tak cuma air purifier, sejatinya mereka juga memproduksi peralatan elektronik rumah tangga seperti setrika, kipas angin, blender, rice cooker, mixer hingga kompor gas di pabrik Cileungsi.

Baca: Intelijen Tuding Jaringan JAD Bekasi

Khusus untuk produk mixer, Selaras Citra Nusantara bermitra dengan perusahaan elektronik asal Belanda yakni Philips. Mereka berbisnis sejak sekitar tahun 1980 dengan cara memproduksi mixer untuk merek Philips.

Lalu pada 2015, Selaras Citra Nusantara memberanikan diri untuk menghasilkan produk sendiri, dengan merek Turbo. Philips merestui kiprah mereka dengan syarat tidak berkompetisi di segmen pasar yang sama. Makanya, Turbo hadir dalam wujud peralatan elektronik rumah tangga segmen menengah hingga menengah ke bawah.

Saat ini total kapasitas pabrik terpasang Selaras Citra Nusantara mencapai 4 juta unit per tahun. Sebanyak 20% untuk produk Turbo dan 80% untuk produk milik mitra bisnis dan air purifier.

Baca: Wiranto Harus Jalani Rawat Inap

Sejalan dengan perluasan tujuan ekspor, Selaras Citra Nusantara berniat menambah pabrik baru di Jawa Tengah. Mereka ingin menaikkan kapasitas produksi terpasang menjadi 5 juta unit per tahun. Namun manajemen perusahaan ini belum dapat mengungkapkan detail rencana itu.

Sementara hingga tutup 2019 nanti, Selaras Citra Nusantara Perkasa masih yakin bisa tumbuh dobel, meski tren pasar elektronik domestik cenderung tertekan di tengah kondisi perang dagang  antara AS dan China. (Agung Hidayat)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved