Wawan Cuci Uang Setengah Triliun: Asetnya Bertebaran dari Jakarta hingga Australia

Setelah kurang lebih lima tahun proses penyidikan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menyelesaikan dugaan pencucian uang

Wawan Cuci Uang Setengah Triliun: Asetnya Bertebaran dari Jakarta hingga Australia
istimewa
Tubagus Chaery Wardhana. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Setelah kurang lebih lima tahun proses penyidikan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menyelesaikan dugaan pencucian uang Tubagus Chaery Wardhana (TCW) alias Wawan. Wawan yang merupakan suami Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany itu diduga mencuci uang hingga setengah triliun alias Rp 500 miliar.

Baca: Tiga Anak Presiden Masuk Kabinet Jokowi

"Selama kurun waktu 2014 sampai 2019, penyidik telah melakukan analisa atas aset-aset milik TCW dan PT Bali Pacific Pragama serta perusahaan terafilliasi lainnya untuk membuktikan keterkaitannya dengan hasil kejahatan yang berasal dari keuntungan proyek dan unsur-unsur pasal TPK dan TPPU," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa(8/10).

Dari Rp 500 miliar yang berhasil diidentifikasi, KPK menyita uang tunai sebesar Rp 65 miliar. Ada juga aset yang disita di luar negeri, nilainya mencapai Rp 41 miliar.

"Untuk aset di Australia, KPK menempuh proses Mutual Legal Assistance (MLA) untuk kebutuhan penanganan perkara. Dalam proses penyidikan tersebut KPK juga dibantu oeh Australian Federal Police (AFP), seperti dalam proses penyitaan aset sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," kata Febri.

Berikut deretan uang dan aset Wawan yang berhasil disita KPK.

Total aset yang disita dalam proses penyidikan ini adalah sekira Rp500 miliar, di antaranya:

a. Uang tunai sebesar Rp 65 miliar

b. 68 unit kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih

c. 175 unit rumah/apartemen/bidang tanah, terdiri dari:

1) 7 unit apartemen di Jakarta dan sekitarnya

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved