Lifestyle

Peneliti Mengungkap Orang yang Tinggal Dekat Pantai Lebih Bahagia

Orang yang tinggal lebih dekat ke laut memiliki kesehatan mental yang lebih baik, menurut studi terbaru

Peneliti Mengungkap Orang yang Tinggal Dekat Pantai Lebih Bahagia
(Kolase IG)
Deretan Pantai di Nusa Penida, Bali 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Deburan ombak, embusan angin, dan pemandangan indah membuat pantai selalu terasa menentramkan jiwa.

Suasana pantai memang selalu menyenangkan untuk dinikmati.

Orang yang tinggal lebih dekat ke laut memiliki kesehatan mental yang lebih baik, menurut studi terbaru.

Penelitian telah menyimpulkan, bahwa mereka yang hidup di sekitar laut memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan kesehatan mental yang lebih baik.

Studi ini dilakukan di University of Exeter, Inggris dan data survei dari 25.963 peserta menunjukkan, bahwa orang yang tinggal di tepi pantai mendapat manfaatnya.

Orang-orang yang memiliki rumah kurang dari satu kilometer dari pantai memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk menderita gangguan mental.

Baca: 7 Manfaat Kunyit yang Diakui Dunia Barat, Bisa Mencegah dan Mengobati Berbagai Penyakit

Baca: 10 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, dari Sauna Hingga Konsumsi Kacang-kacangan

Baca: 10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dan Susu, Bersihkan Perut Hingga Antioksidan Bagi Tubuh

 

Dijelaskan juga bahwa kesimpulan ini terlepas dari pendapatan rumah tangga.

Mereka yang berpenghasilan rendah, tetapi tinggal kurang dari 1 km dari laut memiliki kemungkinan 40 persen lebih rendah untuk mengalami gejala gangguan mental, dibandingkan dengan mereka yang berpenghasilan sama tapi tinggal lebih dari 50 km dari pantai.

Dr Jo Garrett, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa orang-orang miskin yang tinggal di dekat pantai mengalami lebih sedikit gejala gangguan mental.

"Ketika berkaitan dengan kesehatan mental, zona 'protektif' ini dapat memainkan peran yang berguna dalam membantu menyamakan kedudukan di antara mereka yang berpenghasilan tinggi dan rendah," katanya.

Tentu saja, masalah kesehatan mental sangat kompleks dan meskipun penelitian ini menunjukkan kehidupan yang baik di tepi laut, kamu tetap perlu mencari bimbingan ahli sebelum membuat keputusan besar dalam kehidupan, seperti pindah tempat tinggal di sekitar pantai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Studi Ungkap Orang yang Tinggal di Sekitar Pantai Lebih Bahagia", https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/03/202105520/studi-ungkap-orang-yang-tinggal-di-sekitar-pantai-lebih-bahagia.

Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved