News

Mulai Tahun Depan, Kepsek Tak Kantongi NUKS, Dana BOS Disetop

“Jadi bagi Kepsek yang tak punya NUKS maka dana BOS bakal disetop. Ini akan berlaku mulai tahun depan untuk semua sekolah tak terkecuali," tukas Benu

Mulai Tahun Depan, Kepsek Tak Kantongi NUKS, Dana BOS Disetop
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Ascke Benu 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Mulai Tahun 2020 nanti, penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disuguhkan persyaratan baru yakni Kepala Sekolah (Kepsek) harus miliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) untuk penyaluran Dana Bos.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Tenggara (Mitra) Ascke Benu saat di konfirmasi hari ini (3/10).

“Jadi bagi Kepsek yang tak punya NUKS maka dana BOS bakal disetop. Ini akan berlaku mulai tahun depan untuk semua sekolah tak terkecuali," tukas Benu.

Untuk itu, pihak Disdik menyarankan bagi Kepsek yang ada, untuk sesegera mungkin ikut pendidikan calon kepala sekolah (Cakep), sehingga bisa mengantongi NUKS.

“Sebagian Kepsek yang ada, sudah mengikuti (Cakep). Tapi untuk tahun ini masih ditolelir terkait NUKS itu. Tapi tahun depan sudah pasti sesuai dengan informasi ini, Bila tak mengantongi Dana Bos disetop,” bebernya.

Pasalnya juga, apabila persyaratan ini tidak dipenuhi, otomatis akan menjadi penghalang bagi pihak sekolah yang bersangkutan.

“Kan sayang jika sekolah tidak menerima BOS hanya karena kepala sekolah tidak miliki NUKS. Yang rugi sekolah itu sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Ratahan membenarkan hal tersebut. " Memang peraturannya akan seperti itu, tapi kalau dari sekolah kita yakni saya sendiri, sudah mengantongi yang namanya NUKS. Jadi tak ada masalah lagi terkait penyaluran dana bos hingga sekarang. Dan juga dari pihak SDN 2 Ratahan sangat mensuport segala program yang dikeluarkan Dinas Pendidikan untuk kemajuan kualitas sekolah dan ASN Guru yang ada ," tambah Kepsek Norma Kaumpungan.

Disdik menegaskan lagi, dari pendidikan cakep ini sendiri penting untuk peningkatan kualitas kepala sekolah sehingga akan turut dibarengi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah yang ada.

“Ini dikira jadi perhatian lagi bagi para Kepsek, karena hal ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan, jadi semua harus punya upaya untuk maju dan berkembang, termasuk para kepsek,” tutupnya . (Ano)

Baca: Gadis Cantik Ini Aktif di Banyak Kegiatan Sosial, Pegang Selang Ikut Pemadaman Karhutla, Ini Fotonya

Baca: Mahasiswa Gelar Demo Jelang Pelantikan Presiden, Pastikan Tidak ada yang Menunggangi

Baca: Susi Ungkap Selama Bekerja dengan Presiden jokowi: Baru Kali Ini Kerja di Bawah Perintah Orang Lain

Facebook Tribun Manado :

Baca: Sosok Ibrahim Assegaf, Suami Presenter Najwa Shihab, Perjuangan Dapatkan Cinta Sampai Diancam

Baca: Presiden Joko Widodo Ucapkan Terima Kasih Kepada Menteri Saat Gelar Rapat Kabinet Paripurna Terakhir

Baca: Dibalik Terpilihnya Bamsoet Sebagai Ketua MPR RI, Ada Komunikasi Prabowo dan Megawati

Instagram Tribun Manado :

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado :

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved