Breaking News:

Puluhan Napi Wanita Kabur: Diduga Sengaja Dibakar

Sebanyak 46 narapidana wanita melarikan diri sesaat kebakaran terjadi di Lapas Perempuan Kelas III Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (29/9) petang.

kompas.com
Pasca-kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas III Palu, di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terdapat 30 napi yang kabur, Senin (30/9/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIGI - Sebanyak 46 narapidana wanita melarikan diri sesaat kebakaran terjadi di Lapas Perempuan Kelas III Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (29/9) petang. Diduga lapas tersebut sengaja dibakar.

Baca: Ketua MK Sebut Mahasiswa Mendahului Tuhan

Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, Lapas Sigi diduga sengaja dibakar. "Dugaannya ini sengaja dibakar. Saat ini anggota masih melakukan oleh TKP," ujar Wawan, kemarin.

Wawan mengatakan, petugas lapas bersama aparat kepolisian melakukan pencarian terhadap para napi yang melarikan diri. "Sudah diamankan 16 orang saat ini sudah di lapas ditempatkan di ruang besuk," kata Wawan.

Menurutnya, masih ada 30 napi yang masih berkeliaran di luar, tidak termasuk satu orang bayi. Ia mengimbau agar 30 napi yang kabur segera menyerahkan diri. "Kami masih dalam pencarian, mudah-mudahan segera ditemukan," katanya.

Baca: Maruarar Usul Bangun Gereja di DPR

Wawan menjelaskan, kebakaran besar terjadi di Lapas Perempuan Kelas III Palu di Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulteng, pada Minggu, 29 September 2019, sekitar pukul 18.00 WITa. Api dapat dipadamkan petugas pemadam kebakaran dalam 30 menit.

Lapas tersebut dihuni sebanyak 102 orang, tidak termasuk seorang bayi. Pada saat kebakaran, ada 56 warga napi tetap bertahan di dalam bloknya, sementara 46 napi lainnya melarikan diri.

Ada sebanyak 6 blok kamar di tersebut. Dugaan sementara api berasal dari satu kamar blok yang ditempati oleh napi kasus narkoba. Kemudian api menyebar ke kamar blok lainnya.

Gedung Lapas Perempuan yang terbakar telah diamankan oleh petugas Polres Sigi. Petugas kepolisian juga telah melakukan identifikasi dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

Baca: Rusuh Wamena Bukan Konflik Etnis: Wiranto Sebut Ulah OPM dan Benny Wenda

Dari hasil penyelidikan sementara, terbakarnya blok tahanan diduga ada unsur kesengajaan oleh tahanan agar bisa kabur. Apalagi, napi yang melarikan diri dari lapas itu didominasi oleh napi kasus narkoba, yakni  sebanyak 20 orang. Sementara, 10 narapidana lain merupakan tahanan kasus umum. (tribun network/tribun palu/coz)

Penulis: Tim Tribun Manado
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved