NEWS

Ribuan Personel TNI Akan Berpindah Tugas, Begini Jumlah Anggota Mabes Yang ke Wilayah Ibu Kota Baru

Ribuan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan berpindah tempat tugas. Dari sebelumnya di Pulau Jawa akan berpindah ke Kalimantan Timur

Ribuan Personel TNI Akan Berpindah Tugas, Begini Jumlah Anggota Mabes Yang ke Wilayah Ibu Kota Baru
Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung
Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung Proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda terlihat dari udara saat Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan lokasi calon Ibu Kota Negara yang baru dari atas Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sekaligus diskusi di Balikpapan Coal Terminal (BCT), Kalimantan Timur, Kamis (19/9/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ribuan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan berpindah tempat tugas. Dari sebelumnya di Pulau Jawa akan berpindah ke Kalimantan Timur.

Perpindahan tersebut terkait dengan pemindahan ibu kota negara.

Pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur akan ikut memindahkan pusat pemerintahan, termasuk Markas Besar (Mabes) TNI. Demikian disampaikan Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto.

Ia mengatakan, rencananya instansi militer, khususnya Markas Besar (Mabes) TNI akan dipindah ke wilayah Kutai Kartanegara.

"Instansi militer termasuk rencana pemindahan Mabes TNI beserta jajarannya berada di wilayah Kutai Kertanegara. Rencanannya kita 117 km dari wilayah ibu kota nantinya," kata Joni dalam rapat kerja bersama Pansus Pemindahan Ibu kota di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Kendati begitu, Mabes TNI tak memindahkan semua personel ke Kalimantan Timur. Ia mengatakan, personel di luar Mabes akan mengisi Mabes TNI di Jakarta, sedangkan 5.737 personel akan pindah ke Kalimantan Timur.

"Terdapat juga satuan TNI di luar mabes TNI yang direncanakan akan mengisi mabes TNI. Adapun jumlah personel yang mengikuti pemindahan Mabes TNI ke ibu kota baru sekitar 5737 orang," ujar dia.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG Jumat 27 September 2019, Ada Daerah Yang Diguyur Hujan Saat Dini Hari

Baca: Jokowi Pertimbangkan Terbitkan Perppu KPK, Ketua DPR: Kami Dukung Sepenuhnya

Baca: Deretan Pejabat Negara Langsung Ditahan KPK Usai Jalani Pemeriksaan Perdana, Imam Nahrawi Menyusul?

Facebook Tribun Manado :

Selanjutnya, Joni mengatakan, pihaknya mengusulkan pembentukan komando daerah militer (kodam) khusus untuk pengamanan ibu kota baru.

Selain itu, ia meminta penambahan beberapa satuan TNI di sejumlah kodam yang berdekatan dengan Kalimantan Timur.

"Untuk angkatan darat, diusulkan kodam khusus pengamanan ibu kota baru serta penambahan gelar kekuatan, baik Kodam 6 Mulawarman di wilayah Kalsel maupun Kodam 12 Tanjungpura di Kalteng. Untuk Angkatan laut ada beberapa satuan yang perlu ditambah, yaitu Lanal Sambas, Lanal Ketapang," ucap dia.

Baca juga: Ibu Kota Dipindah, Anies Harapkan Pembangunan Jakarta Tetap Jalan "Kemudian TNI AU selain satuan yang sudah tergelar di pulau Kalimantan diperlukan beberapa penambahan gelar kekuatan lainnya," kata Joni. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lebih dari 5.000 Personel Mabes TNI akan Hijrah ke Ibu Kota Baru

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado :

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved