Kebakaran Hutan dan Lahan

Cegah Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan, Pemkab Minahasa Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Hal ini dikatakan Kepala Badan (Kaban) BPBD Minahasa Yohanis Pesik melalui Kabid Darlog Alex Dotulong, Selasa (17/9/2019).

Cegah Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan, Pemkab Minahasa Sosialisasikan Bahaya Karhutla
Istimewa
Cegah Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan, Pemkab Minahasa Sosialisasikan Bahaya Karhutla 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mencegah berlanjutnya kebakaran hutan dan lahan, Bupati Minahass Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa melakukan Sosialisasi tentang bahaya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan yang sering terjadi di wilayah kabupaten Minahasa, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa ROR-RD mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa melakukan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini dikatakan Kepala Badan (Kaban) BPBD Minahasa Yohanis Pesik melalui Kabid Darlog Alex Dotulong, Selasa (17/9/2019).

”Menindak lanjuti Instruksi dari Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Kami dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Minahasa melakukan sosialisasi tentang Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan memasang baliho peringatan di lokasi-lokasi yang dianggap rawan,” pungkasnya di Tondano, Rabu (18/9/2019).

Sebelumnya, Bupati Minahasa Royke Roring juga sempat menyampaikan beberapa hal dimana saat ini sedang dalam musim panas yang berkepanjangan.

Dimana di Minahasa setiap hari terjadi kebakaran ini merupakan kebiasaan kita semua dimana membuang puntung rokok sembarangan apalagi yang masih menyala itu bisa memicu api dari kecil hingga menjadi besar.

Ia menyampaikan, bagi masyarakat yang membuka lahan perkebunan sebaiknya jangan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar rumput, dan akhirnya menjadi kebakaran besar berdampak pada masyarakat terdekat.

"Jadi Pemkab Minahasa khususnya dinas kebakaran saling bersirgi dengan dinas kebakaran dari provinsi dan dari kabupaten/Kota sekitar minahasa agar bisa membantu memadamkan api diwilayah terdekat, karena sering terjadi kebakaran diwilayah pineleng," tandasnya.

Bupati menghimbau kepada masyarakat agar saling menjaga memperhatikan agar tidak adalagi yang membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah di lahan perkebunan ini perhatian yang serius. Karena laporan dari BMKG kemarau ini bisa sampai satu bulan kedepan.

Baca: Beredar Foto Jadul Syahrini Pakai Celana Jeans Ketat Ratusan Ribu, Perut Buncitnya Jadi Sorotan

Baca: Foto Barbie Kumalasari di Amerika Bikin Kaget Ruben Onsu dkk, Foto Lain Jadi Sorotan, Posenya Sama?

Baca: Tampilan Angel Karamoy Curi Perhatian, Pamer Body Goalsnya Saat Pakai Baju Olahraga Ketat

Facebook Tribun Manado ;

Baca: Kivlan Zen Derita Infeksi Paru-paru Stadium 2

Baca: Minum Kopi Jantan, Calon Suami Malah Dilarikan ke Rumah Sakit: Susah Berdiri

Baca: DPR Ketuk Palu Pengesahan, Ini Perbedaan Pasal UU KPK Lama dan yang Direvisi

Instagram Tribun Manado :

Baca: Pemerintah Berencana Taburkan Kapur pada Lahan Yang Terbakar di Sumatera dan Kalimantan

Baca: Perempuan Ini Mabuk, Diajak Pria ke Hotel, Dia Kemudian Sadar Ada Yang Hilang

Baca: PERINGATAN Dini BMKG Untuk Rabu 18 September 2019, Wilayah Potensi Hujan Petir

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved