Olly ‘Pensiun Dini’ dari Gelanggang Pilgub 2020: Begini Kata Pengamat Politik

Gubernur Sulawesi Utara petahana Olly Dondokambey tak mau lagi pertarung di Pemilihan Gubernur 2020. Bendahara Umum PDIP

Olly ‘Pensiun Dini’ dari Gelanggang Pilgub 2020: Begini Kata Pengamat Politik
ISTIMEWA
Presiden Joko Widodo dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara petahana Olly Dondokambey tak mau lagi pertarung di Pemilihan Gubernur 2020. Bendahara Umum PDIP ini telah diplot masuk Kabinet Jilid II Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Otomatis Steven Kandouw akan menggantikan posisi sang petahana.

Absennya Ketua DPD I PDIP di pesta demokrasi kali ini memunculkan beragam spekulasi. Memunculkan siapa jagoan Banteng Moncong Putih untuk bertarung di Pilkada tahun depan.

Baca: Ilham Habibie Bisa Ikuti Jejak BJ Habibie jadi Menteri Riset dan Teknologi, Ini Kesamaanya

Pada beberapa kesempatan kandidat kuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Pertahanan ini menyatakan sikap tak mau lagi mencalonkan diri di pilgub. Teranyar, suami Rita Dondokambey-Tamuntuan ini ‘pamitan’ dari pesta demokrasi 5 tahunan saat menyampaikan sambutan di depan jemaat GMIM Airmadidi Atas.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPD PDIP Sulut Joune Ganda mengaku Olly menyampaikan, tidak mau lagi bertarung di Pilgub 2020. “Pak Olly menyampaikan itu saat sambutan di hadapan jemaat. Beliau tidak mau maju lagi,” kata kandidat Bupati Minahasa Utara dari PDIP ini saat bertandang ke Kantor Tribun Manado, Senin (16/9/2019).

Politikus berlatang belakang pengusaha ini tak menepik, isu Gubernur petahana Sulut, masuk bursa menteri Presiden Jokowi. “Kan 1 Oktober pelantikan DPR RI, setelah itu pelantikan Presiden kemudian Jokowi akan mengumumkan kabinetnya,” kata Joune.

Kembali ke suksesi 2020, kata dia, siapa kandidat yang akan diusung partainya, belum bisa dipastikan. “Otomatis Pak Steven Kandouw akan menggantikan Pak Olly sebagai gubernur. Untuk calon di pilgub, ada mekanisme di partai,” katanya.

Spekulasi jagoan PDIP di pilgub seandainya Olly absen, sudah ramai diperbincangkan publik. Kandouw masuk bursa calon gubernur, kemudian beberapa kader digadang untuk posisi calon wakil gubernur.

Ada nama Herson Mayulu. Anggota DPR RI terpilih yang juga mantan Bupati Bolaang Mongondow ini paling santer disebut berpeluang mengisi kursi yang akan ditinggalkan Kandouw. Ada wacana lain, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara disandingkan dengan Kandouw. Syaratnya harus koalisi antara PDIP dan Partai Nasdem untuk mengusung di Pilgub 2020.

Tak hanya internal PDIP yang ramai diperbincangkan, kontestasi Pilgub 2020 pun diperkirakan bakal berlangsung ketat. ‘Absennya’ Olly membawa angin segar bagi partai lain seperti Golkar dan Nasdem mengusung calon kepala daerah. Golkar menjagokan Chritiany ‘Tetty’ Paruntu, sedangkan Nasdem ada figur seperti Vicky Lumentut dan Elly Lasut yang siap mengadang Steven di Pilgub 2020.

Baca: Fahri Hamzah Minta Presiden Segera Lantik 5 Pimpinan KPK Terbaru: Tidak Ada Masalah

Sebelumnya, pengamat politik Taufik Tumbelaka mengatakan, prediksi ini berdasarkan sebaran perolehan kursi parpol di DPRD Sulut hasil Pileg 2019. Parpol atau koalisi parpol minimal harus memiliki 20 persen perolehan kursi untuk bisa mengusung calon.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved