Berita Terkini

Profil 5 Pimpinan KPK dengan Suara Terbanyak yang Disepakati DPR RI, Firli Bahuri Termasuk

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR) RI telah menetapkan 5 pimpinan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) periode 2019-2023.

Profil 5 Pimpinan KPK dengan Suara Terbanyak yang Disepakati DPR RI, Firli Bahuri Termasuk
Kompas.com
Pemilihan capim KPK di Gedung DPR RI 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR) RI telah menetapkan 5 pimpinan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) periode 2019-2023.

Penetapan pemilihan 5  pimpinan KPK usai dilakukan voting dengan suara terbanyak yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsudin. 

Seperti diketahui aturan voting pemilihan pimpinan KPK yaitu 56 orang anggota Komisi III DPR menuliskan lima orang capim pilihan mereka dalam kertas suara.

Lalu mereka akan memilih lagi satu nama capim sebagai Ketua KPK.

"Mekanismenya bapak ibu kita pilih lima dari sepuluh, wajib. Kalau ada yang milih enam kita nyatakan gugur," jelas Azis Syamsuddin.

Berikut Profil 5 Pimpinan Komisioner KPK dengan Suara Terbanyak

1. Alexander Marwata (Komisioner KPK 2014-2019), Jumlah Suara 53

Alexander atau yang akrab disapa Alex merupakan satu-satunya Komisioner KPK petahana yang lolos hingga seleksi tahap akhir.

Dikutip dari www.kpk.go.id, Alex lama berkarir di Badan Pengawas Pembangunan Keuangan (BPKP) yakni sejak 1987 hingga 2011.

Setelah sekitar 24 tahun berkiprah di BPKP, Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah, 26 Februari 1967 itu kemudian banting setir dengan menjadi hakim ad-hoc di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata ((Ilham Rian Pratama))
Halaman
1234
Penulis: Rhendi Umar
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved