Bisnis dan Keuangan

Bisnis Startup di Sulut Menggeliat, Ini Penjelasan Ekonom Robert Winerungan

startup adalah sebuah usaha bisnis yang baru dibangun atau dalam masa rintisan dengan berbasis teknologi dan informasi

Bisnis Startup di Sulut Menggeliat, Ini Penjelasan Ekonom Robert Winerungan
ISTIMEWA
Dr Robert Winerungan 

Bisnis Startup di Sulut Menggeliat, Ini Penjelasan Ekonom Robert Winerungan

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bisnis startup menggeliat di Sulut. Jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan.

Menurut Ekonom dari Universitas Negeri Manado (Unima), Dr Robert Winerungan, startup adalah sebuah usaha bisnis yang baru dibangun atau dalam masa rintisan dengan berbasis teknologi dan informasi dengan menggunakan internet.

"Bisnis startup ini seperti pengembang aplikasi, sistem pembayaran, jasa, perdagangan dan lain lainnya," ujar Winerungan kepada Tribun Manado, Kamis (05/09/2019) malam.

Kata Sekretaris ISEI Cabang Manado-Sulut ini, model bisnis ini ada karena karena perkembangan dunia internet sehingga bisnis startup ini semakin banyak bermunculan.

"Dengan terus berkembangnya dunia internet membuat semakin banyak pelaku bisnis ini tertarik dan mulai mendirikan startupnya," katanya.

Lanjut dia, sebagai bisnis yang berbasis internet, startup ini sangat berhubungan dengan teknologi IT dan membuat semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya.

BERITA POPULER:

"Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat milenial yang bisa mandiri tanpa bantuan perusahaan atau korporasi-korporasi yang lebih besar," katanya.

Menurut dia, bisnis startup di Sulut sepertinya belum begitu banyak sekalipun sudah ada yang melakukan oleh kaum milenial dan sudah banyak yang tahu tentang bisnis ini.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved