News

Disdik Terapkan Penggunaan Aplikasi R-KAS Terbaru 2020, Tombokan Ingatkan Tugas Operator Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Minahasa Tenggara (Mitra), gelar kegiatan dan sosialisasi kepada operator sekolah dengan tujuan pokok dan fungsi

Disdik Terapkan Penggunaan Aplikasi R-KAS Terbaru 2020, Tombokan Ingatkan Tugas Operator Sekolah
Gio/tribun manado
Disdik Terapkan Penggunaan Aplikasi R-KAS Terbaru 2020, Tombokan Ingatkan Tugas Operator Sekolah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Pendidikan (Disdik) Minahasa Tenggara (Mitra), gelar kegiatan dan sosialisasi kepada operator sekolah dengan tujuan pokok dan fungsi hingga pembahasan terkait Aplikasi R-KAS 2020 yang baru.

Kepala Bidang Tkt I Felda Tombokan berkata Kamis (29/08/2019), kegiatan ini untuk meningkatkan Dapodik seluruh Operator sekolah yang ada di Kabupaten Mitra. Ini juga berdasarkan surat edaran Dirjen Dikdasmen Pusat untuk setiap daerah memperhatikan kualitas Dapodik.

"Perlu diperhatikan adalah tugas operator. Pada dasarnya operator sekolah hanya bisa menyalin data yang sudah diberikan, bukan mengisi atau menambahkan data yang ada," ujar Tombokan.

Bila didapati kesalahan seperti itu dari Dinas akan memberikan sanksi tegas.

Selanjutnya Tombokan menyinggung masalah Dana Bos. Pasalnya ada operator yang sengaja tak menghapus data siswa yang mungkin sudah putus sekolah atau pindah sekolah, sehingga Dana Bos terus disalurkan oleh pihak pemerintah kepada Siswa tersebut.

"Ini memang pelanggaran berat. Selain merugikan negara, sekolah dan murid, juga bisa diproses hukum karena sudah masuk dalam tindakan penyelewengan. Ini yang diwarning kepada para operator sekolah," terangnya disela-sela materi.

Masalah lain yang harus diperhatikan yakni apabila operator salah dalam pengetikan data untuk proses bantuan dalam bentuk apapun pun seperti Dana Bos. Akan berdampak pada tak cairnya dana Jika tersebut kepada siswa.

"Kasihankan para siswa yang sudah dinyatakan akan menerima bantuan Dana Bos kemudian tak disalurkan karena ada kesalahan oleh pihak operator sekolah. Jadi diminta ketelitiannya dalam penyusunan apa pun itu," tambahnya

Diketahui juga Dana Bos akan dicairkan bila sekolah tersebut sudah memenuhi standart akreditasi. Itu merupakan persyaratan utama dalam pengurusan Dana Bos.

"Dimintakan kepada Kepala Sekolah agar diperhatikan karena ada sekolah yang memang sudah terakreditasi, namun masa berlakunya sudah hampir habis. Sehingga perlu diakreditasi kembali untuk bisa diproses penyaluran dana tersebut," jelas Tombokan.

Kepala Dinas Pendidikan Ascke Benu mengharapkan agar Pendidikan Mitra terus dipacu dari berbagai sisi, antara lain yaitu peningkatan kualitas Dipodik Operator Sekolah Mitra. (Ano)

Baca: Hilang 18 Hari di Laut Hingga Sampai ke Jepang, Rahmat Kembali Jumpa Keluarga

Baca: VIDEO Tubuh Yuni Shara Hendak Dipegang Pria Tua, Langsung Pegang Ini hingga Netizen Tulis Mahal

Baca: Warga Lihat Tas Baru Hanyut di Selokan, Dikira Berisi Laptop, Ternyata Isinya Bikin Sedih

Baca: Gejala dan Penyebab Asam Urat, Makanan yang Harus Dihindari hingga Cara Pengobatannya

Baca: Nikita Mirzani Sebut Pengacara Elza Syarief Bohong: Pengacara Itu Disumpah Loh Bu

Baca: Mengungkap Kisah Cinta Luna Maya dan Ariel NOAH, Luna: Dia Pernah Jadi Bagian Hidup Saya

Baca: Begini Potret Kedekatan Ariel NOAH dan BCL Saat Rekaman Lagu Mencari Cinta, Yuk Intip!

Baca: Detik-Detik Nikita Mirzani dan Tessa Mariska Adu Mulut Saat Live Program Televisi

Baca: Ucapkan Selamat Untuk Luna Maya, Mantan Reino Barack Ini Jadi Sorotan

Baca: Hadir di Acara Baby Shower Ayu Dewi, Harga Outfit Luna Maya Capai Rp 241 Juta

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved