News

TMMD ke 105 Ditutup, Pangdam XIII/Merdeka: Semangat Kebersamaan Hakikat Kemanunggalan TNI Rakyat

"TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan," jelas Pangdam.

TMMD ke 105 Ditutup, Pangdam XIII/Merdeka: Semangat Kebersamaan Hakikat Kemanunggalan TNI Rakyat
Istimewa
Pangdam XIII/Merdeka dalam upacara penutapan TMMD ke 105 di lapangan Sari Cakalang Madidir Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelaksanaan program bakti TNI Manunggal membangun desa (TMMD) yang dulunya bernama ABRI masuk Desa, ke 105 di Kelurahan Duasudara, Apela I dan Apela II Kecamatan Ranowulu Kota Bitung Provinsi Sulut resmi di tutup.

Pelaksanaan yang dimulai pada 10 Juli resmi ditutup oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, dalam upacara penutupan
TMMD ke 105 TA 2019 di wilayah Kodim 1310/Bitung dengan tema 'Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat' di lapangan Sari Cakalang Madidir Bitung, Kamis kemarin.

Pangdam XIII/Merdeka yang bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa tema TMMD ke-105 tahun ini adalah ‘Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, sejalan dengan visi pemerintah ‘Membangun Indonesia dari Pinggiran.

"TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan," jelas Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengungkapkan bahwa pada setiap kegiatan TMMD, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan.

Ini adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia.

"Semangat kebersamaan seperti inilah yang menjadi hakikat Kemanunggalan TNI – Rakyat, guna menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh," tambahnya.

Baca: Gaji dan Tunjangan ASN Disetarakan Supaya Tak Ada Kesenjangan

Baca: Ormas Adat Adang Pembongkaran Gereja GPdI Anugerah, Pendeta Pantouw: Saya Siap Mati!

Baca: SBY Tak Diundang di Kongres PDIP, Wasekjen Demokrat: Hak yang Punya Acara

Sebelum mengakhiri sambutannya Pangdam mengatakan, selama satu bulan penuh para prajurit TNI telah bekerja bersama-sama masyarakat dan komponen bangsa lainnya serta instansi pemerintah untuk menyelesaikan seluruh sasaran kegiatan.

Kesemuanya ini dapat tercapai tentunya berkat semangat gotong-royong dan kerjasama yang baik dan harmonis di antara seluruh stakeholders terkait. Selaku Penanggung Jawab Operasi TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka,

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai Keberhasilan ini tak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait. Kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat, saya serahkan hasil karya TMMD ke-105 ini untuk dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan nilai guna yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved