Mati Listrik di Ibu Kota dan Sekitarnya

Listrik Ibukota Padam Karena Sabotase?, Ini Penjelasan Direktur Utama PLN

Mengenai padamnya listrik di Pulau Jawa sejak kiranya pukul 12.00 WIB, langsung ada penjelasan dari Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana kota Jakarta yang terdampak listrik padam di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengenai padamnya listrik di Pulau Jawa sejak kiranya pukul 12.00 WIB, langsung ada penjelasan dari Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani.

Dia membantah padamnya disebabkan oleh faktor politis maupun sabotase dari pihak tertentu.

Dia yang merupakan seorang wanita yang baru ditunjuk sebagai Plt Dirut Baru PLN sejak 2 Agustus lalu itu mengatakan, peristiwa tersebut diakibatkan oleh kesalahan teknis.

"Kami tidak melihat ini adanya satu hal yang sifatnya politis atau sabotase. Tidak," ucapnya dalam jumpa pers di Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

"Murni teknis ya kalau kami lihat," tambahnya.

Dia menyebutkan, pemadaman atau black out seperti yang terjadi hari ini pernah terjadi pada 1997 di area Jawa dan Bali.

Kejadian serupa terjadi di Paiton, Grati pada September 2018 lalu. Menurutnya, hal itu disebebkan tegangan ekstra tinggi.

Baca: Iwan Fals Manggung di Penutupan Manado Fiesta 2019, Sorak-sorai Penggemar Membahana

Baca: Karena Listrik Padam, Mitra Ojek Online Sepi Order

Baca: Batalnya Pelantikan Bupati Talaud Terpilih Elly Lasut Diawali Ketidakjujuran

Baca: ASTAGA Tak Penuhi Syarat, Hewan Tak Bisa Disembelih Sebagai Kurban, Simak Ini

Facebook Tribun Manado :

Baca: Listrik Padam di Sebagian Jawa, Begini Penjelasan PLN

Baca: HEBOH Warga Desa Linawan Ditemukan Tewas di Kebun Tanpa Pakaian

Baca: Manchester United Vs Chelsea di Laga Perdana Liga Inggris, Jesse Lingard Jadi Kunci

Instagram Tribun Manado :

Sebelumnya, melalui keterangan resmi, Minggu (4/8/2019), PT PLN (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas pemadaman yang terjadi hari ini.

Dijelaskan bahwa Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Di Jawa Barat Jabar terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area sbb : Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Perbaikan bertahap

PLN mengaku berhasil mengalirkan tegangan listrik ke Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Balaraja pada pukul 17.00 dan untuk selanjutnya menuju ke PLTU Suralaya agar dapat beroperasi secara bertahap mencapai kapasitas 2800 MW.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved