Iran Tembak Jatuh Drone, AS Kirim 1.000 Tentara: Di Ambang Perang Timur Tengah

Pasukan Garda Revolusi Iran, Kamis (20/6/2019), menembak jatuh sebuah drone milik Amerika Serikat. Garda Revolusi

Iran Tembak Jatuh Drone, AS Kirim 1.000 Tentara: Di Ambang Perang Timur Tengah
kompas.com
Drone predator milik militer AS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TEHERAN - Pasukan Garda Revolusi Iran, Kamis (20/6/2019), menembak jatuh sebuah drone milik Amerika Serikat. Garda Revolusi mengatakan, drone yang ditembak jatuh itu adalah jenis RQ-4 Global Hawk yang sedang terbang di atas wilayah udara Iran.

Namun, seorang pejabat AS kepada kantor berita Associated Press mengatakan, drone itu ditembak jatuh saat terbang di ruang udara internasional di atas Selat Hormuz.

Komandan Garda Revolusi Hossein Salami mengatakan, penembakan drone itu menjadi pesan bahwa Iran akan mempertahankan perbatasannya.

Baca: Ini Fakta soal Pendaftaran CPNS 2019 di Kemenag RI Melalui Blog dan Facebook

"Kami menegaskan tidak ingin berperang tetapi kami siap merespon setiap pernyataan perang," kata Salami seperti dikutip kantor berita Tasnim.

Sebelumnya, militer AS menuding Iran telah menembakkan misil ke arah sebuah drone pekan lalu yang merespon serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Seperti diketahui, AS menuding Iran menjadi dalang serangan terhadap kedua tanker itu. Teheran membantah keterlibatannya dalam insiden tersebut.

Serangan ini terjadi di tengah memanasnya relasi antara AS dan Iran menyusuk keputusan Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran setahun lalu. Penerapan kembali berbagai sanksi terhadap Iran amat memukul perekonomian Iran yang sudah terpuruk.

Selain itu, Washington juga memperkuat kehadiran militernya di Timur Tengah sebagai bentuk "tekanan maksimal" terhadap Teheran.

Pengerahan sebuah gugus tugas yang diperkuat kapal induk dan pesawat pengebom B-52 ke kawasan Teluk memicu kekhawatiran munculnya konflik baru di wilayah itu.

AS Kirim 1.000 Tentara ke Timur Tengah

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved