Kesehatan

Makan Pedas Saat Sahur Ada Resikonya Loh, Ini Penjelasan Ahli

Tapi, bolehkan tetap menyantap makanan pedas, terutama saat sahur? Sejatinya, saat puasa, menu makanan untuk sahur perlu diperhatikan.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penggemar masakan pedas, agaknya sukar meninggalkan kebiasaan itu. Sekalipun di bulan puasa.

Tapi, bolehkan tetap menyantap makanan pedas, terutama saat sahur? Sejatinya, saat puasa, menu makanan untuk sahur perlu diperhatikan.

Apalagi sahur sangat penting bagi orang berpuasa. Selain memberikan energi, makanan sahur yang tepat juga mendukung kinerja organ di dalam tubuh tetap stabil.

Memang sih, makanan pedas yang menggunakan lada atau cabai, biasanya menggugah selera. 

Selain itu, studi menunjukkan bahwa kandungan capsaicin pada makanan pedas bisa meningkatkan energi yang dikeluarkan tubuh sehingga bisa membantu mengendalikan berat badan.

Akan tetapi, Kita perlu berhati-hati jika mengonsumsi makanan ini ketika sahur.

Dilansir dari situs The National, Dr Wafa Ayesh, seorang ahli nutrisi di Dubai Health Authority menyarankan untuk menghindari makan makanan pedas saat sahur.

Saluran pencernaan sangat sensitif dengan makanan pedas. Ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan yang membuat puasa Kita jadi tidak nyaman.

Meski demikian Ayesh mengakui, efeknya dari satu orang ke orang lainnya mungkin tidak akan sama. Ini bergantung pada seberapa pedas makanan dan sensitivitas pencernaan pada makanan pedas.

Meski tidak semua orang akan mengalami efek buruk ini, untuk berjaga-jaga, sebaiknya konsumsi makanan pedas saat sahur perlu dikurangi atau lebih baik dihindari.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved