Bitung

Pemkot Siapkan Rp 13,1 Miliar Untuk Gaji 13 dan THR

Di Kota Bitung menyedot anggaran senilai Rp 13,1 miliar untuk 3.074 ASN dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Bitung

Pemkot Siapkan Rp 13,1 Miliar Untuk Gaji 13 dan THR
ISTIMEWA
Mantiri Sebut Pemkot Bitung Terus Pacu Terapkan e-Gov dan Smart City 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gaji 13 dan gaji 14 atau tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara segera cair.

Di Kota Bitung  menyedot anggaran senilai Rp 13,1 miliar untuk 3.074 ASN dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Bitung.

Sejumlah ASN yang menduduki poisi strategis di Pemkot Bitung sudah tak sabar lagi untuk menunggu pencarian gaji 13 dan 14.

"Informasi yang kami terima untuk gaji 14 akan diberikan sepuluh hari sebelum lebaran. Sedangkan gaji 13 diberikan sepuluh hari setelah lebaran langsung dicairkan di rekening," tutur Theo Rorong Kepala Bagian Umum Setda Kota Bitung kepada tribunmanado.co.id, di sela-sela mengikuti rapat pansus RTRW di DPRD Kota Bitung, Senin (20/05/2019).

Penerimaan gaji 13 dan 14 untuk PNS dan CPNS di Kota Bitung minus tunjangan-tunjangan, berbeda dengan sejumlah daerah lainnya menerima sekaligus dengan tunjangan.

Bakal dicairkannya gaji 13 dan 14 untuk pegawai di Kota Bitung membuat sang Wali Kota Max Lomban mengeluarkan imbauan agar tidak konsumtif dalam menggunakan.

"Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bitung akan dibayarkan pada paling lambat sepuluh  hari sebelum Lebaran 2019, sedangkan gaji ke-13 akan dibayarkan sekira sepuluh hari setelah Lebaran 2019," kata Lomban Senin (20/5/2019).

Hal tersebut berdasarkan Radiogram yang dikeluarkan Mendagri Tjahjo Kumolo Nomor 188.3/3890/SJ untuk seluruh Gubernur seluruh Indonesia dan Radiogram untuk Bupati/Walikota seluruh Indonesia dengan Nomor 188.31/3889/SJ yang ditandatangani tanggal 15 Mei 2019 agar membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) tepat waktu sesuai ketentuan.

"Gaji dan tunjangan ke-13 sebagaimana yang dimaksud dibayarkan pada bulan Juni 2019 sedangkan pembayaran THR (THR PNS 2019) dibayarkan dalam tenggang waktu 10 (sepuluh) hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah," kata Lomban mengutip isi radiogram tersebut.

Lanjutnya, Tujuan pemberian gaji ke-13 dan kemudian THR bagi PNS disamping untuk meningkatkan kesejahteraan, juga sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerjanya PNS yang dinilai telah cukup meningkat.

Selain itu untuk memotivasi agar PNS terus meningkatkan kinerjanya, dan untuk membantu menjelang datangnya idul fitri dan tahun ajaran baru mengingat biasanya banyak kebutuhan yang harus dibeli.

Dia berpesan seluruh ASN untuk mempergunakan THR dan gaji ke-13 secara baik untuk memenuhi kebutuhan.

"Pegawai harus mampu mengatur anggaran. Gunakan skala prioritas untuk membeli keperluan yang memang dibutuhkan, jangan bersikap konsumtif," tandasnya.

BACA http://manado.tribunnews.com/2019/05/20/live-streaming-film-game-of-thrones-season-8-episode-terakhir-cek-cara-nonton-disini-link-lengkap

 

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved