Pejabat Bangun ‘Dinasti Politik’: Begini Cecita Gubernur Sulut dan Bupati Boltim

Pemilu 2019 telah usai. Banyak cerita di balik keterlibatan kepala daerah yang berjuang untuk nasib keluarga.

Pejabat Bangun ‘Dinasti Politik’: Begini Cecita Gubernur Sulut dan Bupati Boltim
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Kampanye PDIP Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Pemilu 2019 telah usai. Banyak cerita di balik keterlibatan kepala daerah yang berjuang untuk nasib keluarga. Mulai Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey hingga sejumlah bupati dan wali kota di Bumi Nyiur Melambai. Olly mengatakan, PDIP memilih calon legislatif sesuai mekanisme, bukan asal tentukan.

Soal status sebagai kakak kandung tak ada kaitan, kata Olly, semua calon tetap melalui mekanisme PDIP. "Hasilnya kan bisa dilihat, rakyat yang memilih," kata Ketua DPD PDIP Sulut ini, Jumat (17/5/2019).

Kapasitas Adriana Dondokambey pun sudah teruji dan terbukti. Ia bisa memimpin Tim Kampanye Daerah hingga Joko Widodo menang telak Pilres 2019 di Sulut. Sang petahana mampu unggul hampir 80 persen. Adriana juga Ketua Kaum Ibu Sinode GMIM. Kata Olly, jika diusung dan dapat banyak dukungan sudah sewajarnya.

Keluarga Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Salim Landjar cukup fenomenal. Pada pemilu legislatif 17 April, istrinya, anak hingga kakak kandung Sehan ikut berkompetisi.

Istrinya Nursiwin Dunggio bertarung di DPRD Sulut Daerah Pemilihan Bolmong Raya (BMR). Putra sulung Fuad Landjar Dapil Satu Kabupaten Boltim, putri kedua Amalia Landjar maju di DPR RI Dapil Sulut.

Selanjutnya putra ketiga Firhan Landjar bertarung di Kabupaten Gorontalo dan kakak kandungnya Muhammad Salim Landjar maju ke DPD RI. Bukan hal yang mudah bagi Sehan untuk mengusung anggota keluarganya. Pikiran dan tenaga terkuras hingga sekarang.

Hingga kini, hampir satu minggu, Sehan berada di Manado untuk mengawal langsung perolehan suara PAN termasuk anggota keluarganya. "Saya kawal langsung suara PAN, sebab ada beberapa permasalahan pada penyelenggaraan Pemilu 2019," ujar Ketua DPW PAN Sulut ini, Kamis (16/5/2019).

Lanjut dia, baru Fuad Landjar dan Nursiwin Dunggio dipastikan menjadi anggota DPRD, sedangkan Amalia Landjar masih berproses. Ia menambahkan, sementara ini PAN Sulut, sedang mengugat penyelengara pemilu baik Bawaslu.

Janastasya Christie Parapaga (JCP) terpilih sebagai DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud. Dapil I meliputi Kecamatan Beo, Melongguane, Melongguane Timur, Pulutan, Rainis, Beo Utara, Beo Selatan, total ada 10 kursi di dapil ini.

Christie, sapaan calon dari Partai Nasdem ini, meraih suara signifikan. Dia merupakan anak dari Mocthar Parapaga, Wakil Bupati terpilih Talaud. "Memiliki hubungan darah dengan keluarga yang adalah pejabat tidak bisa menjamin kemenangan.
Secara pribadi hubungan keluarga yang ada membuat saya tertantang,” katanya.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved