Regional

BMKG Imbau Warga untuk Tetap Waspada, Gempa Susulan Masih Terus Terjadi

Gempa susulan di Sulawesi Tengah (Sulteng) masih terus terjadi hingga Sabtu pagi ini. Tercatat sudah 23 kali gempa susulan.

BMKG Imbau Warga untuk Tetap Waspada, Gempa Susulan Masih Terus Terjadi
Kompas.com
Peta lokasi gempa bumi susulan yang terjadi di Teluk Tolo yang dilaporkan BMKG Sulawesi Tengah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gempa susulan di Sulawesi Tengah (Sulteng) masih terus terjadi hingga Sabtu pagi ini. Tercatat sudah 23 kali gempa susulan.

Gempa susulan terus mengguncang Kabupaten Banggai Kepualauan dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pascagempa 6,9 magnitudo, Jumat (12/4/2019).

Hingga Sabtu (13/4/2019) pagi, Stasiun Geofisika Palu, Sulawesi Tengah, melaporkan terjadinya gempa susulan sebanyak 23 kali.

Gempa-gempa ini berkekuatan di atas 3 magnitudo, angka yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara umum.

“Sudah ada 23 gempa susulan hingga pagi ini,” kata Nur Hayati Pimpilemba, staf operasional Stasiun Geofisika Palu, Sabtu.

Pada Sabtu dini hari, gempa susulan berkekuatan 3,8 magnitudo terjadi pada pukul 00.34 Wita yang berlokasi di Teluk Tolo, 51 km arah barat Lantibung, Kabupaten Banggai Laut, pada kedalaman 10 km.

Baca: Gempa Magnitudo 6.9 SR, Istri Sigit Purnomo: Ya Allah Lindungi Kami

Tidak lama kemudian disusul gempa 4 magnitudo pukul 01.03 Wita di Teluk Tolo 54 km arah barat Lantibung, Kabupaten Banggai Laut, pada kedalaman 10 km juga.

Gempa-gempa ini terus terjadi hingga pagi ini dengan magnitudo 3,9 pukul 05.44 Wita, di Teluk Tolo juga, 42 km arah barat daya Buko Banggai Kepulauan pada kedalaman 48 km.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG,” kata Cahyo Nugroho, Kepala Stasiun Geofisika Palu.

Baca: Banggai 24 Kali Diguncang Gempa, hingga Sabtu Pagi Sudah 15 Kali Tanah Bergetar

Baca: Gempa Sulawesi Tengah: Informasi Air Surut, Warga Bangkep Lari ke Gunung

Tautan: http://wartakota.tribunnews.com/2019/04/13/gempa-susulan-sulteng-masih-terus-terjadi-bmkg-beri-imbauan-khusus-kepada-warga.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved