BPBD Sitaro Akan Buatkan Huntara Untuk 17 Kk Pengungsi Erupsi Karangetang Zona Merah

BPBD Sitaro akan memberikan opsi kepada kepada pengungsi erupsi gunung Karangetang yang rumahnya masuk dalam zona merah atau tidak bisa dikembalikan

Tribun Manado
Guguran lava Gunung Karangetang masuk ke laut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO- Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Sitaro akan memberikan opsi kepada kepada pengungsi erupsi gunung Karangetang yang rumahnya masuk dalam zona merah atau tidak bisa dikembalikan lagi.

Jumlahnya ada enam kepala keluarga yang mengungsi di Selter Paseng dan 11 Kepala Keluarga yang tinggal di pengungsian SD GMIST Batubulan.

Berdasarkan rekomendasi dari PVMBG Bandung yang diterima oleh BPBD Sitaro,  warga yang tidak bisa kembali adalah yang rumahnya berada di 350 meter dari kali Sabuang dan 400 meter dari arah kali Batuare.

Sehingga untuk pengungsi yang tidak bisa kembali akan diberikan opsi yaitu hunian sementara."Untuk hunian sementara ini akan diberikan pilihan apakah akan dibangunkan bangunan darurat atau sewa rumah," ujar Bob Wauten Kepala BPBD Sitaro, Rabu (20/03/2019).

Baca: Aktivitas Gunung Karangetang Bertambah tak Signifikan

Ia menjelaskan, akan lebih merekomendasikan untuk sewa rumah, lantaran jika bangunan darurat akan memakan waktu sekitar satu bulan.

"Untuk yang sewa rumah, akan diberikan Rp 600 ribu per bulan, dan Rp 300 ribu untuk biaya hidup," jelas dia.

Untuk sementara, enam KK zona merah yang berada di Selter Paseng dan yang 11 KK yang ada di SD GMIST Batubulan akan tetap berada di tempat pengungsian, kemudian akan dibicarakan untuk pilihan yang akan mereka ambil nantinya.

Sedangkan untuk 29 kepala keluarga pengungsi di Selter Paseng yang rumah mereka berada di zona aman akan dikembalikan ke rumah mereka usai makan siang. (amg)

Berita Populer: Viral 18 Foto Diduga Syahrini dengan Pria Indo dan Bule, dari Pelukan hingga Ciuman di Atas Ranjang

Penulis: Alpen_Martinus
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved