Healthy

Tanpa Kita Sadari Kebiasaan-Kebiasaan Seperti Ini, Bisa Merusak Ginjal Kita. Let's Check Below !

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk menyaring darah dan mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh.

Editor: Frandi Piring
Nakita.com
Tanda" dan Gejala Penyakit Ginjal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal menyaring darah sebelum mengirimnya kembali ke jantung, membuang limbah dan racun dari tubuh serta membantu mengeluarkannya sebagai urine.

Selain itu, ginjal juga bertanggung jawab menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh.

Maka dari itu penting menjaga kesehatan ginjal, agar selalu lancar buang air kecil. Tapi, ada beberapa kebiasaan tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan ginjal tanpa disadari.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk menyaring darah dan mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh.

Pada akhirnya, bisa menyebabkan penumpukan bahan limbah dan racun dalam tubuh. Dikutip laman onlymyhealth, berikut kebiasaan yang dapat merusak fungsi ginjal:

1. Konsumsi obat penghilang rasa sakit secara berlebihan

Obat penghilang rasa sakit bisa mengurangi rasa sakit dengan cepat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat memengaruhi fungsi ginjal bahkan menyebabkan kerusakan ginjal yang parah.

Hal ini karena, obat penghilang rasa sakit menurunkan aliran darah ke ginjal yang mengganggu fungsinya.

2. Kurang minum air putih

Minum air putih yang cukup merupakan cara terbaik mengeluarkan racun dari tubuh. Asupan air yang tepat memastikan kelancaran fungsi ginjal.

Kurangnya asupan air bukan tidak mungkin dapat menyebabkan batu ginjal. Oleh karena itu, pastikan selalu memenuhi kebutuhan air untuk kesehatan ginjal.

3. Konsumsi alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi tubuh dalam banyak hal, termasuk dapat memengaruhi ginjal, yang bisa berujung pada risiko penyakit ginjal kronis.

Terlalu banyak konsumsi alkohol, salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal sebab meningkatkan stres pada ginjal karena mengandung racun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved