'Facebook Laju Digital' Edukasi Ratusan Pelaku UMKM di Manado dengan Keterampilan Digital

Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Manado dan sekitarnya mengikuti Facebook Laju Digital di Sintesa Peninsula Hotel, Rabu (6/3/2019).

'Facebook Laju Digital' Edukasi Ratusan Pelaku UMKM di Manado dengan Keterampilan Digital
TRIBUNMANADO/FERNANDO LUMOWA
Ratusan elaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Manado dan sekitarnya mengikuti Facebook Laju Digital di Sintesa Peninsula Hotel, Rabu (6/3/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Manado dan sekitarnya mengikuti Facebook Laju Digital di Sintesa Peninsula Hotel, Rabu (6/3/2019).

Manado merupakan kota ke-12 tuan rumah kampanye yang sudah dilakukan sejak September 2018.

Selain UMKM, ada juga perwakilan pemerintah, komunitas dan mahasiswa dalam pelatihan ini.

Facebook Laju Digital bertujuan membantu pelaku UMKM maupun masyarakat di Indonesia--termasuk di Manado--mencapai sukses berkat kecakapan memanfaatkan dunia digital.

Ferdy Nandes, Head of Emerging Business and SMB Indonesia dan  Phillipnes Facebook mengatakan,, Facebook membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan keterampilan digital.

Bagi komunitas, bisa memanfaatkan internet secara maksimal. "Bagi pemerintah bisa meningkatkan hubungan kemasyarakatan. Bagaimana internet bisa dimanfaatkan bisa jadi sarana komunikasi pemerintah," ujar Ferdy.

Facebook membantu pelaku usaha meningkatkan keterampilan dan optimalisasi pemakaian media sosial. Dalam hal ini Facebook, Instagram, Facebook Messenger dan Instagram.

Dalam pelatihan ini Facebook memberikan hal praktis terkait pemasaran digital, keselamatan di dunia maya hingga membangun komunitas di era digital.

"Kami berkomitmen membantu masyarakat untuk sukses bersama di dunia digital tanpa memandang latar belakangnya. Tidak melihat apakah dia pengguna Facebook, Instagram atau WhatsApp lama atau baru, mahir atau belum," kata Ferdy

Kata Ferdy, berdasar Riset Morning Consult yang bekerja sama dengan Facebook pada 2017, ada 90 persen pelaku UMKM yang menyadari keterampilan digital dan media sosial menjadi pertimbangan penting saat mempekerjakan karyawan baru.

"Faktor ini disebut lebih penting dibanding latar belakang pendidikan si pelamar," katanya.

Khusus bagi pelaku UMKM, Facebook membantu mereka menemukan pelanggan baru dalam mengembangkan bisnis. Riset Morning Consult menunjukkan 2 dari 3 UMKM di Facebook membangun bisnis mereka di platform Facebook.

"89 persen dari UMKM di Facebook mengatakan bahwa Facebook membantu mereka menarik perhatian pelanggan," katanya.

Sementara, 2 dari 3 UMKM di Indonesia yang menggunakan WhatsApp membangun bisnis mereka di WhatsApp. Bahkan 77 persen di antaranya meraih peningkatan pendapatan.

Hingga akhir 2018, Facebook  Laju Digital telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 7 ribu peserta di sepuluh kota di Indonesia. Selain Manado, Facebook Laju Digital akan hadir di Jayapura, Ambon dan Kendari untuk awal tahun ini.(ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved