Warga Batubulan, Korban Guguran Lava Gunung Karangetang Sitaro Butuh BBM dan Listrik

Warga kampung Batubulan yang terisolir, saat ini mereka sangat membutuhkan BBM dan listrik.

Warga Batubulan, Korban Guguran Lava Gunung Karangetang Sitaro Butuh BBM dan Listrik
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Warga Batubulan Sitaro Butuh BBM dan Listrik 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO- Dua minggu lebih sudah warga Kampung Batubulan terisolasi lantaran guguran lava gunung Karangetang yang menutupi jalan yang menghubungkan antara Kampung Batubulan dan Kawahang yang menjadi akses warga via darat.

Selain pengungsi ada 453 orang warga kampung Batubulan yang terisolir, saat ini mereka sangat membutuhkan BBM dan listrik.

"Sudah dua minggu ini tidak pernah nonton tv lagi lantaran tidak ada listrik," kata Samsu Bagania (78) warga Batubulan, Minggu (17/02/2019).

Baca: Pemkab Sitaro Minta Bantuan Kontraktor Buka Jalan Batubulan yang Tertutup Lava Gunung Karangetang

Selain itu, penerangan juga tak cukup didapatkan pada malam hari. Sebab sejak tanggal 5 Februari sejak lava merusak fasilitas listrik, di Batubulan tidak lagi mendapatkan pasokan listrik.

Penerangan hanya menggunakan genset, itupun hanya beberapa keluarga yang punya, dan tergantung dari pasokan bahan bakar minyak.

"Biasa kami pakai lampu botol, tapi itupun sudah kami dapat," jelasnya. Sehingga ia berharap agar pemerintah segera mengusahakan agar listrik bisa masuk ke Batubulan.

Gerisies Wagania warga Batubulan mengatakan, bahwa sejauh ini mereka sudah mendapatkan bantuan berupa beras dan mi instan yang dibagikan oleh pemerintah desa.

Baca: Tanggap Darurat Bencana Gunung Karangetang Diperpanjang, Targetnya Buka Jalan Nameng ke Batubulan

Untuk memenuhi kebutuhan juga mereka harus naik perahu, menghadapi ombak besar ke pasar Ondong. "Ongkosnya Rp 30 ribu sekali jalan, dan kami beli kebutuhan kehidupan di pasar Ondong," jelas dia.

Ia berharap juga semoga jalan penghubung segera terbuka, khususnya dari kampung Nameng ke kampung Batubulan. Selain itu, warga juga membutuhkan air bersih.

Baca: 20 Siswa SMP Negeri 1 Sibarut dari Batubulan Mulai Bersekolah

Sementara biru, Bib Wauten Kepala BPBD Sitaro mengatakan bahwa mereka rutin menyuplai bahan bakar ke kampung Batubulan via laut.

"Kami rutin kirimkan logistik termasuk BBM ke Batubulan, sementara hanya menggunakan perahu, karena baru itu akses yang bisa dilalui," ujarnya. (amg)

Berita Populer: Profil Singkat Prof Winda Mercedes Mingkid, Wanita yang Berjuang Rumah Tangga Utuh hingga Kasasi

Penulis: Alpen_Martinus
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved