TMMD Ke-104 di Talaud, Personel TNI Buka Akses ke Lokasi Air Terjun Ampas Taduna

Sasaran utama kegiatan berupa perintisan jalan produksi sepanjang 2,9 kilometer yang saat ini sudah terbuka sepanjang 1.640 meter.

TMMD Ke-104 di Talaud, Personel TNI Buka Akses ke Lokasi Air Terjun Ampas Taduna
ISTIMEWA
Perintisan jalan produksi dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - TNI Angkatan Darat memusatkan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam program ini personel TNI mengerjakan perintisan jalan produksi dan pembangunan kantor tiga pilar desa.

Kegiatan ini mewujudkan kemanunggalan TNI AD yang bertugas di Kodim 1312/Talaud bersama rakyat dan sudah memasuki hari ke-16 setelah dibuka pada 27 Januari lalu di Desa Rusoh, Kecamatan Beo Selatan.

Sasaran utama kegiatan berupa perintisan jalan produksi (japro) sepanjang 2,9 kilometer atau 2.900 meter, yang saat ini sudah terbuka sepanjang 1.640 meter atau mencapai 56,5 persen.

Personel TNI juga membangun jembatan dari batang kayu kelapa untuk mempermudah perintisan tersebut.

"Jalan produksi yang dirintis ini akan membantu dan mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil produksi pertanian maupun perkebunan mereka. Selama ini Desa Rusoh belum memiliki jalan produksi untuk itu," ujar Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Selasa (12/2/2019), melalui Bagian Penerangan Korem 131/Santiago.

TNI dan rakyat manunggal dalam TMMD ke-104 di Talaud.
TNI dan rakyat manunggal dalam TMMD ke-104 di Talaud. (ISTIMEWA)

Selain itu, jalan produksi tersebut juga akan membuka akses menuju lokasi air terjun Ampas Taduna sebagai salah satu potensi destinasi wisata yang belum banyak di ketahui oleh sebagian masyarakat Talaud.

Lewat pembukaan jalan produksi ini, air terjun Ampas Taduna di Desa Ruso akan menambah destinasi wisata alam di Talaud.

Perintisan jalan produksi ini juga didukung oleh alat berat jenis ekskavator dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Talaud.

BERITA POPULER:

Baca: 8 Fakta Terkait Daniel Denis Howan Teknisi PT Telkom yang Tersetrum Saat Pasang Tiang di Bitung

Baca: Sebelum Dimakamkan, Korban Kecelakaan Maut Kairagi Marcelino Mongi Disemayamkan di Sekolahnya

Baca: Adik Ahok Mengaku Tidak Menerima Undangan Pernikahan Kakaknya

Adapun untuk pembangunan kantor tiga pilar desa sudah masuk pada tahap pengumpulan bahan atau material bangunan dan penggalian fondasi.

"Kalau untuk pembangunan kantor tiga pilar desa sudah dalam tahap pengumpulan material bangunan dan penggalian pondasi di bawah pimpinan Kasdim 1312/Talaud Mayor (Inf) Sigfried Panaha. Kodim 1312/Talaud akan berupaya sebelum pembukaan TMMD tanggal 26 Februari 2019 semua sasaran akan mencapai hasil yang maksimal sehingga pada saat pelaksanaannya beban pekerjaan sudah tidak terlalu berat," jelasnya. (*)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved