Wabup Robby Dondokambey Tanam Padi di Desa Tincep, Beber Alokasi Dana ke Sektor Pertanian

Potensi sumber daya lahan pertanian di Minahasa cukup strategis yaitu, mencapai 75.000 Ha, di mana luas lahan sawah 5.500 Ha.

Wabup Robby Dondokambey Tanam Padi di Desa Tincep, Beber Alokasi Dana ke Sektor Pertanian
ISTIMEWA
Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey diabadikan sebelum menanam padi dalam kegiatan tanam perdana demplot padi sawah menggunakan Phonska Plus dan Petragonik di Desa Tincep, Kecamatan Sonder, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andreas Ruauw

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Bertempat di Desa Tincep, Kecamatan Sonder, Minahasa, Jumat (8/2/2019), Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menghadiri kegiatan tanam perdana demplot padi sawah menggunakan Phonska Plus dan Petragonik.

Kegiatan hasil kerja sama dengan Gapoktan Songkel dan PT Petrokimia Gresik ini diawali dengan prosesi tanam padi yang diikuti langsung oleh Wabup.

Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring dalam sambutan yang dibawakan Wabup mengatakan, pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan.

“Dalam pelaksanaannya terutama di lapangan, kita selalu saja diperhadapkan pada permasalahan klasik. Untuk itu diperlukan kesamaan presepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronasi teknis program/kegiatan dalam rangka pembangunan pertanian ke arah yang lebih baik,” kata dia.

Baca: Hadiri HUT Ke-14 GMIM Diaspora Kamangta, Wabup Robby Dondokambey Sebut Ada Insentif bagi Tokoh Agama

Baca: Wabup Robby Dondokambey Lakukan Penebaran Benih Ikan di Danau Tondano

Stabilitas nasional erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bangi seluruh masyarakat. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian terutama padi.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan di suatu daerah mutlak harus dipenuhi. Dalam rencana kerja pemerintah, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula, sementara ketersediaan lahan terutama lahan sawah semakin sempit yaitu dengan adanya alih fungsi lahan,” jelas dia.

Lanjut Wabup, potensi sumber daya lahan pertanian di Minahasa cukup strategis yaitu, mencapai 75.000 Ha, di mana luas lahan sawah 5.500 Ha.

BERITA POPULER:

Baca: Sebelum Bercinta Makan Durian Lalu Minum Kopi, Pria di Minahasa Ini Tewas Setelah Berhubungan Intim

Baca: Polisi Kejar Pria Terakhir Bersama Viransi Tarek, Polres Minsel: Korban Minta Diantar Pulang

Baca: PNS Jangan Keluyuran di Jam Kerja, Kena Sidak, Tunjangan Bakal Ludes

Adapun luas sawah di Kecamatan Sonder 363 Ha, sementara luas lahan sawah lokasi tanam 84 Ha.

Kegiatan yang difasilitasi oleh BUMN Petrokimia Gresik dan bekerja sama dengan 10 kelompok tani.

Ke depan diharapkan sistem ini dapat dirasakan petani seluruh Kecamatan Sonder bahkan seluruh kecamatan di Minahasa yang memiliki potensi padi sawah.

Kata Wabup, pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang potensi pertanian. (*)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved