ROR: Pak Hukum Tua, Jangan Abaikan Perilaku Warga yang Mereklamasi Danau Tondano

Pemkab Minahasa khawatir karena banyaknya rumah warga yang berbatasan langsung dengan wilayah danau yang harusnya merupakan tanah milik pemerintah

ROR: Pak Hukum Tua, Jangan Abaikan Perilaku Warga yang Mereklamasi Danau Tondano
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Perahu nelayan ditambatkan di pinggiran Danau Tondano 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andreas Ruauw

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Bupati Minahasa Royke Roring memusatkan perhatian terhadap salah satu lokasi wisata Minahasa yaitu Danau Tondano yang lambat laun mulai diklaim warga tepi danau seiring terjadi penyusutan danau.

"Para Hukum Tua tolong jangan abaikan perilaku warga yang mereklamasi Danau Tondano di bagian danau yang telah mengering," tegas ROR dalam rapat koordinasi dan evaluasi Kabupaten Minahasa yang digelar di Gedung Wale Ne Tou, Senin (7/1/2019).

"Pasalnya jika warga yang bermukim di tepi danau sudah mengklaim daerah tersebut maka pemerintah akan sulit memantau penyusutan danau dan wilayah atau tanah yang harusnya milik pemerintah sudah diakui milik warga yang tinggal dekat situ," lanjut Bupati Minahasa.

Pemkab Minahasa khawatir karena banyaknya rumah warga yang berbatasan langsung dengan wilayah danau yang harusnya merupakan tanah milik pemerintah.

Selain masalah teritorial, Pemkab Minahasa juga mengkhawatirkan ketersediaan air bersih di sejumlah wilayahnya.

Baca: Kabupaten Minahasa Mau Buat Peta Zonasi, Danau Tondano akan Dibuat Sertifikat

Baca: Bupati Royke Roring Presentasikan Kondisi Danau Tondano pada Pertemuan Bilateral Indonesia Jepang

Baca: Ivansa Sentil Danau Tondano Bisa Kering, Kok Bisa?

Oleh sebab itu pemerintah berinisiatif akan mengantar langsung muatan air bersih yang melalui mobil tangki dan damkar.

"Untuk ketersediaan air bersih kami pemerintah menyediakan suplai air bersih yang siap diantarkan ke setiap desa/kelurahan menggunakan mobil tangki. Kalau perlu kami siap mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk menyuplai air bersih, kalian tinggal hubungi langsung pemkab," ungkap ROR.

Rapat koordinasi dan evaluasi ini merupakan presentasi pencapaian 100 hari RR-RD dalam memimpin Kabupaten Minahasa sekaligus menampung semua kebutuhan setiap perangkat daerah yang masih kurang atau perlu perbaikan.

Turut hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Sekretaris Pemkab Minahasa Jeffry Korengkeng, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdakab Minahasa Denny Manggala, para camat dan lurah. (*)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved