Kiriman Barang Online Terlambat 7 Hari: Ramai E-Commerce di Akhir Tahun

Ramai pasar e-commerce atau belanja online di Sulawesi Utara jelang Natal dan Tahun Baru. Jor-joran di akhir tahun

Kiriman Barang Online Terlambat 7 Hari: Ramai E-Commerce di Akhir Tahun
Istimewa
Ilustrasi pengiriman barang melalui JNE. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Ramai pasar e-commerce atau belanja online di Sulawesi Utara jelang Natal dan Tahun Baru. Jor-joran di akhir tahun membuat perusahaan jasa pengiriman kewalahan.

Barang menumpuk di gudang kargo bandara, terkendala pembatalan terbang sejumlah airlines tujuan Manado.

Sehari diperkirakan ribuan barang belanjaan online yang didominasi fashion, alat elektronik dan alat kebutuhan rumah tangga dikirim ke Sulut.

Geliat e-commerce sudah terasa sejak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2018. CupoNation, portal diskon belanja online merilis lima situs e-commerce yang paling banyak ditelusuri sejak Harbolnas.

Olivia Adinda Putri PR & Communication Manager CupoNation Asia Tenggara menjelaskan, situs e-commerce paling dicari ialah Lazada.

“Kemudian diikuti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Zalora,” ujar Olivia dalam rilis ke tribunmanado.co.id, belum lama ini.

Katanya, terdapat kesamaan dalam susunan peringkat 4 besar e-commerce paling dicari yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Layaknya black Friday di Amerika Serikat dan singles day di Cina, Harbolnas merupakan kampanye cyber sale terbesar di Indonesia telah berdampak luas bagi pasar e-commerce.

Naiknya harga pengiriman logistik dari 20 persen menjadi 70 persen sangat berpengaruh pada pengiriman JNE Manado.

Menurut Manager JNE Manado, Julianus B Patinggi, terjadi keterlambatan pengiriman hingga seminggu pada pihaknya. "Setiap hari kami selalu ada komplain karena barangnya belum sampai. Tapi kami tetap menjelaskannya dengan baik-baik bahwa ini bukan kesalahan JNE," ujarnya, Selasa kemarin.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved