Franki Pasla: Pabrik Vodka di Minsel Tinggal Tunggu Izin BPOM

Pemkab Minsel optimistis pabrik Vodka yang akan dibangun di Desa Kapitu, Kecamatan Amurang bakal rampung

Franki Pasla: Pabrik Vodka di Minsel Tinggal Tunggu Izin BPOM
Istimewa
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Minsel Franki Pasla 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Pemkab Minsel optimistis pabrik Vodka yang akan dibangun di Desa Kapitu, Kecamatan Amurang bakal rampung perizinannya dalam waktu dekat ini. Ditargetkan pembangunan pabrik di atas lahan 5 hektare ini akan mulai di tahun 2019.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Franki Pasla mengungkapkan pihaknya tinggal menunggu izin dari BPOM. Waktu lalu, Bupati Doktor Christiany Eugenia Paruntu sudah melakukan pertemuan awal dengan BPOM Manado.

"Sudah ada progres, tapi masih akan ada pertemuan lagi terutama soal izin dan teknisnya seperti apa. Kami yakin ini akan terselesaikan," kata Ketua Karang Taruna Minsel ini, Rabu (28/11/2018).

Ditambahkan Pasla, pendirian pabrik vodka ikut didukung puluhan pengusaha dari Asosiasi Pengusaha Indonesia. Mereka sudah berkomitmen mendukung upaya pemkab dalam rangka mensejahterakan petani Minsel.

Baca: Pabrik Vodka Beroperasi, Petani Cap Tikus Akan Dibantu Pemkab Minsel

Baca: Pabrik Vodka Sulut Akan Bidik Pasar ASEAN: Bupati Tetty Paruntu Urus Izin ke Jakarta

"Pemerintah berterima kasih atas dukungan beberapa pihak selama ini. Mari kita dukung produk khas dari kabupaten yang kita cintai ini," kata dia.

Beberapa waktu lalu Kepala Dinas Perdagangan Minsel Adrian Sumuweng mengungkapkan pabrik tersebut akan memproduksi sebanyak 60 ribu sampai 100 ribu per bulannya.

Oleh karena itu kekurangan produksi cap tikus petani lokal akan disiasati dengan cara lain.

"Kalau misalnya produksi petani kami hanya sampai 50 ribu liter maka kekurangannya akan dipasok dari petani di kabupaten tetangga seperti Minahasa, Minahasa Tenggara atau Tomohon," kata dia

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved