Kesehatan

Kenali 'Nama Samaran' Gula di Label Kemasan Makanan

Selama ini kamu menggunakan gula pasir sebagai campuran makanan dan minuman, ternyata masih ada banyak nama lain gula pada label kemasan makanan.

Kenali 'Nama Samaran' Gula di Label Kemasan Makanan
hungryforchange.tv
Kenali 'Nama Samaran' Gula di Label Kemasan Makanan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada berapa nama gula yang kamu tahu? Jika selama ini kamu sering menggunakan gula pasir sebagai campuran makanan dan minuman, ternyata masih ada banyak nama lain gula yang biasanya muncul pada label kemasan makanan.

Baca: Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Terutama Penderita Diabetes

Hati-hati, jangan sampai terkecoh karena tidak melihat tulisan ‘gula’. Padahal produk tersebut masih tetap mengandung gula, hanya saja dengan nama yang berbeda.

Saat hendak membeli suatu produk makanan ataupun minuman, seberapa sering kamu mengecek kandungan gula di dalamnya?

Jika suatu ketika kamu tidak menemukan tulisan ‘gula’ yang tertera pada label kemasan makanan, bukan berarti produk tersebut bebas dari gula.

Pasalnya, ada berbagai nama lain gula yang ditambahkan ke dalam produk makanan, sehingga sering kali mengecoh pembeli.

Ilustrasi 'Nama Samaran' Gula
Ilustrasi 'Nama Samaran' Gula (kompas.com)

Perbedaan nama gula ini dikarenakan gula diolah dari berbagai sumber yang berbeda-beda sehingga hasil olahan gula yang telah jadi pun memiliki rasa dan tekstur yang tidak sama.

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA) mengatakan bahwa produsen makanan diwajibkan untuk mencantumkan semua bahan yang terkandung dalam produknya. Namun, adanya berbagai macam nama lain gula, menyebabkan kehadiran gula dalam produk makanan dan minuman menjadi sulit dideteksi.

Untuk itu, kamu sebaiknya lebih teliti lagi saat membaca label kemasan makanan. Sebab, masing-masing gula yang dicampurkan dalam produk makanan dan minuman, akan berpengaruh terhadap jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Nama lain gula

Selama proses pengolahan makanan dan minuman kemasan, gula merupakan salah satu komponen penting yang hampir selalu ditambahkan guna memperbaiki rasa, tekstur, serta umur simpan produk makanan dan minuman tersebut.

Halaman
123
Editor: Alex Bryan Tarore
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved