Obat Batuk Ternyata Bisa Berbahaya, Berhati-hatilah!

batuk itu sebetulnya bukanlah suatu penyakit, tetapi refleks dari tubuh setiap orang yang mengalami rangsangan

Obat Batuk Ternyata Bisa Berbahaya, Berhati-hatilah!
THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Seperti kita ketahui, batuk itu sebetulnya bukanlah suatu penyakit, tetapi refleks dari tubuh setiap orang yang mengalami rangsangan atau gangguan pada saluran pernapasannya.

Jadi, bila Anda ingin mengobati atau menghilangkan batuk pada seseorang atau dari Anda sendiri, haruslah mencari tahu penyebab batuk Anda tersebut.

Seseorang bisa batuk atau terbatuk-batuk karena terkena rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang, atau kekurangan oksigen.

Baca: Ini Bahaya Gunakan Obat Nyamuk bagi Kesehatan, Jangan Gunakan Setiap Hari!

Orang batuk juga bisa karena saluran pernapasan atau paru-parunya terkena infeksi kuman-kuman tertentu, kemasukan zat, cairan, atau benda-benda padat tertentu.

Selain itu udara dingin pun dapat menyebabkan seseorang terbatuk-batuk atau bersin-bersin.

Yang dimaksud di sini adalah udara yang lembap.

Oleh karena itu memilih obat batuk haruslah yang tepat. Obat batuk yang ada di pasaran bebas - dapat dibeli tanpa resep - umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan obat yang dapat mengeluarkan lendir atau riak.

Maksud mengeluarkan lendir atau riak itu agar saluran napas bersih dari gangguan atau rangsangan yang dapat mengakibatkan batuk.

Kini Anda dapat memaklumi mengapa anak-anak yang pilek terus-menerus lama-kelamaan sering jadi menderita batuk.

Baca: Tentara Israel Klaim Jatuhkan 200 Roket Hamas: Puluhan Berhasil Jebol Irone Dome

Dalam perdagangan, dikenal 2 golongan obat batuk, yaitu: a) Obat batuk yang dapat  mengeluarkan lendir/riak atau dahak yang disebut dengan nama ekspektoran. b) Obat batuk yang tidak dapat mengeluarkan lendir, tetapi dapat menekan saraf batuk kita.

Halaman
123
Editor: Aldi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved