Saham Kelas Kecil dan Menengah Berpeluang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir pekan ini ditutup lompat hampir 1% ke level 5.756,49. Tapi, tetap saja, indeks saham

Saham Kelas Kecil dan Menengah Berpeluang
kontan
IHSG 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir pekan ini ditutup lompat hampir 1% ke level 5.756,49. Tapi, tetap saja, indeks saham mengakumulasi penurunan 9,43% sejak awal tahun.

Kondisi agak berbeda terjadi di saham dengan kapitalisasi pasar menengah ke bawah atau mid to small cap. IDX SMC Composite, indeks yang menampung saham mid cap dan small cap, hanya turun 2,87% sejak awal tahun. Padahal, sejumlah indeks konstituen lain di bursa saham turun dalam.

"Ini terjadi karena small cap tak terpapar efek sentimen global terlalu besar," ujar Analis Panin Sekuritas, William Hartanto, Jumat (12/10).

Sudah menjadi rahasia umum saham small cap menjadi saham incaran level sekian saat investor asing masuk ke bursa lokal. Ini membuat kepemilikan asing di saham small cap kecil.

Sehingga, ketika ada isu global yang mendorong dana asing keluar, saham small cap tak banyak terpengaruh, karena sejak awal porsi kepemilikan asing sudah kecil.

Saham PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) yang kapitalisasi pasarnya Rp 352,32 miliar misalnya. Kemarin, mengutip RTI, aksi jual asing (net sell) di saham ini hanya Rp 450 juta di seluruh pasar.

Bandingkan dengan saham big cap seperti PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang kapitalisasi pasarnya mencapai Rp 298,67 triliun. Net sell di saham ini kemarin mencapai Rp 844,6 miliar di seluruh pasar.

Penurunan saham small cap juga kecil karena faktor likuiditas dan volumenya yang kecil. "Ini juga karena tren di saham kapitalisasi kecil dan menengah cuma sesaat," imbuh William.

Dennies Christoper Jordan, analis Artha Sekuritas Indonesia menyebut, tak jarang pergerakan saham mid to small cap lebih berdasarkan rumor, bukan fundamental.

Sehingga, saham mid to small cap memang tidak memiliki korelasi yang selalu positif dengan pergerakan IHSG. "Bisa saja saat IHSG sedang bergerak negatif, saham small cap justru bergerak positif," jelas dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved