Advetorial

H2M Bersinar Disambut dan Dilepas Menggunakan Tiga Adat

Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan Mantan Bupati Haji Herson Mayulu (H2M), disambut dan lepas

H2M Bersinar Disambut dan Dilepas Menggunakan Tiga Adat
Foto pelaksanaan kegiatan 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan Mantan Bupati Haji Herson Mayulu (H2M), disambut dan lepas menggunakan tiga adat yaitu Gorotalo, Bolango, dan Mongondow.

Menariknya proses pelepasan adat ini dilakukan ditempat yang berbeda-beda disaksikan oleh ribuan masyarakat.

Foto pelaksanaan kegiatan
Foto pelaksanaan kegiatan ()

Tarian pedang adat suku Gorotalo dan tepuk tangan riuh masyarakat mengiringi langkah Bupati baru dan Calon Anggota DPR RI menuju ke lokasi pelaksanaan upacara adat di Kantor Camat Posigadan Jumat (12/10/2018).

Pada kesempatan tersebut mantan bupati menerima gelar adat sebagai ‘Tamy Molamahu’ dari tokoh ada setempat yang artinya bisa memperbaiki daerah dengan segala jasanya.

Foto pelaksanaan kegiatan
Foto pelaksanaan kegiatan ()

Kemudian yang kedua bertempat di Kantor Camat Bolaang Uki dijemput dengan adat Bolango.

Disebut dan digelarkan sebagai 'Bobato Potongolria Bagu' (Bupati baru) kepada Iskandar Kamaru dan ‘Bobato Potongolria Muna (Bupati lama) kepada Herson Mayulu.

Menariknya pada kesempatan tersebut tokoh adat memberikan gelar kepada Haji Herson Mayulu sebagai Bupati ‘Hita no Po’otindaho Lripu’ atau Bupati yang menerangi daerah (Bolsel).

Mereka disambut dengan adat Bolango ‘somsomawa oi lra dea’ dan dilanjutkan dengan prosesi adat ‘Palre bau’ atau menguyah cengkih di dalam ‘puade bambu kuning’ kepada Bupati Kamaru dan nyonya sebagai simbol penerimaan masyarakat Bolango.

Foto pelaksanaan kegiatan
Foto pelaksanaan kegiatan ()

Kemudian dilakukan penyematan cendera mata berupa cincin oleh seluruh ‘Sangadi’ (Kepala Desa) di Kecamatan Bolang Uki dan Helumo, kepada kedua pimpinan daerah ini.

Halaman
12
Penulis: Felix Tendeken
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved