Waspada Pengeluaran Boros, Biasakan Bijak Urus Keuangan Keluarga

Gaya hidup dan kebutuhan setiap anggota keluarga yang berbeda akan berpengaruh pada pengeluaran.

Waspada Pengeluaran Boros, Biasakan Bijak Urus Keuangan Keluarga
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gaya hidup dan kebutuhan setiap anggota keluarga yang berbeda akan berpengaruh pada pengeluaran.

Anak perempuan Anda, misalnya, sering membeli make up dan produk kecantikan. Tentu jumlah pengeluarannya berbeda dengan suami Anda yang lebih senang meluangkan waktu ke kafe berkumpul bersama teman. Begitu juga dengan Anda yang suka berbelanja mengikuti tren fashion terbaru.

Nah, kebiasaan-kebiasaan ini perlu diperhatikan. Setiap bulannya, Anda perlu memantau berapa banyak pengeluaran yang sudah dihabiskan setiap anggota keluarga, termasuk semua pengeluaran rumah tangga seperti membayar listrik, air dan keperluan bulanan.

Waspadai bila pengeluaran sudah terlalu banyak, bahkan melampui total pemasukan.

Supaya pengeluaran tidak boros, maka setiap anggota keluarga harus konsisten mengelola keuangan dengan baik dan selalu menetapkan tujuan keuangan.

Pengelolaan keuangan yang bijak sangat penting apalagi jika telah memiliki rencana besar untuk setiap anggota keluarga.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, seseorang harus secara berkesinambungan mempelajari cara-cara terbaik dalam mengelola keuangan.

“Mempelajari cara mengelola keuangan dengan baik bukanlah sesuatu hal yang dapat dikuasai dalam semalam. Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan mengelola keuangan adalah dengan terus berlatih dan mempraktekkan semua yang telah dipelajari,” ujar Riko.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengungkapkan bahwa agar dapat mengelola keuangan dengan bijak, penting untuk memiliki pemahaman akan kebiasaan finansial yang baik dan bagaimana menetapkan tujuan keuangan. (Dok. Visa)
Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengungkapkan bahwa agar dapat mengelola keuangan dengan bijak, penting untuk memiliki pemahaman akan kebiasaan finansial yang baik dan bagaimana menetapkan tujuan keuangan. (Dok. Visa) ()

Untuk itu, Anda pun harus terus berlatih mengelola keuangan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dan keluarga dalam mengelola pengeluaran bulanan agar lebih baik.

Evaluasi keuangan

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved