Breaking News:

Kapal Kayu Kairos Hilang Kontak di Perairan Ternate, KSOP Bitung Sebut Tak Melapor saat Berangkat

Kapal kayu yang menurut informasi bernama Kairos dikabarkan hilang di Perairan Ternate, Senin (14/8).

Tribun manado / Alex Bryan Taroreh
Grafis Kapal Hilang Kontak 

 TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kapal kayu yang menurut informasi bernama Kairos dikabarkan hilang di Perairan Ternate, Senin (14/8).

"Kami belum mengetahui nama pastinya kapal kayu tersebut apa, apakah Kairo, Kairos, atau Khairo," jelas Kapt Mozes Karaeng Kabid KBPP KSOP Kls I Bitung.

Mereka juga belum bisa menyimpulkan apakah itu kecelakaan atau hanya sekadar hilang kontak saja.

"Menurut informasi kapal tersebut dari Bitung, tapi kapal tersebut tidak terdata pada kami sebab mereka tidak melakukan atau membuat surat izin berlayar," ujarnya.

Padahal menurutnya, setiap kapal yang akan berangkat dari pelabuhan Bitung, diwajibkan untuk mengurus surat izin berlayar.

"Mungkin ini berangkat diam-diam," jelasnya.

Sebab jika mengurus izin, KSOP Bitung tetap akan mempertimbangkan beberapa hal termasuk cuaca, kalau buruk tidak akan diizinkan.

Meski begitu, KSOP Bitung tetap melaksanakan tugas mereka ikut melakukan pencarian terhadap kapal yang diduga hilang tersebut.

"Semalam kami buat posko pencarian di kantor KSOP Bitung, namun tadi informasi dari Syahbandar Ternate, kapal sudah ditemukan sekitar 90 mil dari Ternate, namun tidak ada kontak lantaran letaknya antara pulau," ujar dia.

Ia menambahkan, menurut informasi bahwa kapal berangkat sekitar Minggu subuh dari Bitung dan harusnya saat ini sudah sampai.

"Kami sudah koordinasi dengan Syahbandar Ternate, sehingga kami ambil langkah mengirim maklumat kepada setiap kapal yang menemukan kapal dengan lambung kuning muda tersebut untuk memberikan informasi," jelasnya.

Mereka juga mengirimkan Kapal Negara Pasatimpo 212 dengan kru sekitar 21 orang.

"Menurut informasi juga bahwa kapal kayu tersebut membawa awak sekitar 21 orang," jelasnya.

Ia menjelaskan, jika kapal tersebut menggunakan kapal berkapasitas 10 PK, normalnya akan menempuh 7 jam perjalanan dari Bitung sampai ke Pulau Mayu atau Batang Dua. (amg)

Hilang Kontak
* Kapal Kayu Karios hilang kontak
* KSOP Bitung sebut tak ada izin berlayar dari mereka
* Diduga kapal membawa 21 awak itu berangkat diam-diam
* KSOP Bitung membuat maklumat agar memberi informasi jika menemukan

Penulis: Tim Tribun Manado
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved