Tentara Ini Ajarin Yongmoodo kepada Siswa Sekitaran Kodim Bitung

Kodim 1310 Bitung ajarkan BDM yongmoodo kepada beberapa generasi muda Bitung, Sulawesi Utara, khusus siswa sekolah yang tinggal di sekitar Makodim.

Tentara Ini Ajarin Yongmoodo kepada Siswa Sekitaran Kodim Bitung
ISTIMEWA
Pelatihan bela diri militer (BDM) yongmoodo kepada beberapa generasi muda Bitung, Sulawesi Utara, oleh Kodim 1310 Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kodim 1310 Bitung ajarkan bela diri militer (BDM) yongmoodo kepada beberapa generasi muda Bitung, Sulawesi Utara, khusus siswa sekolah yang tinggal di sekitar Makodim Bitung.

yongmoodo merupakan bela diri militer yang wajib dikuasai oleh setiap prajurit TNI AD.

Karena BDM tersebut sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung tinggi sportivitas dan patriotisme.

"Mereka adalah generasi muda yang mayoritas pelajar dan berkeinginan menjadi prajurit TNI AD," jelas Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Hidayat Kusnandar, Senin (06/08/2018).

Mereka dilatih oleh Serda Rahmat Hidayat, yang juga mengenalkan nama-nama gerakan yongmoodo.

Di antaranya Kibon Sogi (teknik dasar), Jumok (teknik pukulan), Balhagi (teknik tendangan), Nakbo (teknik jatuhan), Sonkisul (teknik kuncian), dan Momkisul (teknik bantingan).

Ada juga pemanasan berjalan pada gerakan yongmoodo.

"Latihan beladiri yongmoodo ini mengacu pada persiapan pembentukan pengurus yongmoodo Kota Bitung dan persiapan pertandingan Pangdam XIII/Merdeka yang dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan," jelasnya.

Ia mengatakan, bela diri yang berasal dari negara Korea ini mempunyai keunikan tersendiri terutama pada gerakan-gerakan yang jauh berbeda dengan bela diri lainnya.

Perlu pengawasan ekstra dalam pelaksanaan latihan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Tribun Manado/Alpen Martinus)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved