Nasionalis dan Religius: Kiai NU Dukung Jokowi-Cak Imin

Siapa yang direkomendasikan Nahdlatul Ulama untuk mendampingi petahana Joko Widodo mulai terang benderang.

Nasionalis dan Religius: Kiai NU Dukung Jokowi-Cak Imin
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri), Menko Polhukam Wiranto (kedua kanan) dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding (kanan) menghadiri Harlah ke-20 PKB di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (22/7/2018). Acara tersebut dihadiri juga oleh sejumlah pimpinan partai politik dan menteri Kabinet Kerja. 

 
TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Siapa yang direkomendasikan Nahdlatul Ulama untuk mendampingi petahana Joko Widodo mulai terang benderang.

Juru Bicara Nahdlatul Ulama (NU) Anwar Ibrahim Anwar Iskandar menuturkan beberapa alim ulama mendukung Ketua Umum Partai Kebangsaan Indonesia (PKB) Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin menjadi cawapres bagi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019.

Namun, apa yang akan dilakukan jika aspirasi tersebut tidak didengar dan Cak Imin tidak dilirik menjadi cawapres Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang?

Anwar menjawab, mereka akan memusyawarahkan terlebih dahulu untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Dan jelas narasinya adalah Indonesia mesti dijaga bersama antara kekuatan nasionalis dan religius,” ujar Anwar dalam siaran pers usai mengadakan pertemuan tertutup dengan para kyai se-Indonesia di Kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (4/8/2018) malam.

“Kita-kita ini adalah kekuatan religius yang menyangga bersama terhadap keutuhan Negara Republik Indonesia bersama kaum nasionalis,” sambung Anwar.

Anwar menegaskan, pernyataan sikap politik para kiai tidak menyalahi aturan dan telah dijamin dalam Undang-Undang.

 
“Jadi ini bukan lembaga bukan organisasi. Tapi orang-orang yang kebetulan menjadi Warga Nahdlatul Ulama dan ini orang-orang yang hak politiknya dilindungi oleh Undang-Undang,” ujar ujar Rois Syuriah PWNU Jawa Timur.

Beberapa kiai yang hadir seperti dari wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan, Sulawesi, perwakilan Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jogjakarta, Jawa Tengah, dan Banten. Mereka melakukan forum pertemuan dalam rangka merespon perkembangan politik 2019.

Dalam forum tersebut menghasilkan aspirasi, yakni mendukung Ketua Umum Partai Kebangsaan Indonesia (PKB) Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin menjadi cawapres Jokowi Widodo dalam Pilpres 2019.

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar
Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved