Meski Tanpa 7 Organ Penting Ini Manusia Bisa Tetap Hidup,Simak Penjelasan Medis dan Hasil Penelitian

Pada beberapa kasus, usus besar dapat diangkat dari tubuh ketika terkena kanker atau penyakit lain yang cukup parah.

Penulis: | Editor:
net
Organ tubuh 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Manusia bisa hidup dan melakukan berbagai aktivitas tak lepas dari peran puluhan organ tubuh yang bekerja satu dengan lainnya.

Organ-organ ini membentuks suatu sistem rumit yang memastikan aspek-aspek di dalam tubuh kita selalu berada dalam keadaan seimbang, mulai dari kadar air, pH darah, oksigen, dan sumber energi.

Keseimbangan inilah yang membuat kita tetap bisa hidup dan beraktivitas setiap hari, tanpa kekurangan sedikit pun.

Bisa kita bayangkan. bagaimana jika salah satu organ tubuh kita tidak ada, mungkin yang ada dipikiran kita adalah kematian.

Namun bila hal tersebut terjadi pada 7 organ berikut ini, operasi pengangkatan yang tepat ternyata tidak terlalu berpengaruh pada kehidupan kita lho!

1. Limpa

Limpa
Limpa ()

Limpa merupakan sebuah organ yang berfungsi dalam menyimpan sel darah putih serta mendaur-ulang sel darah merah yang telah rusak.

Organ ini terletak di sisi kiri tubuh, tepat di bawah tulang rusuk dan dekat dengan tulang punggung. Karena lokasinya ini, limpa cenderung mudah rusak akibat cedera di bagian tulang rusuk.

Kerusakan pada limpa akan menyebabkan kebocoran darah yang dapat menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani.

Pada sebagian besar kasus, dokter akan mengamputasi limpa yang telah rusak untuk mencegah komplikasi cedera yang lebih parah.

Walau kehilangan organ limpa, pasien yang mengalami cedera tersebut ternyata tetap dapat beraktivitas seperti biasanya. Hal ini dikarenakan fungsi limpa juga bisa dilakukan oleh organ lain, seperti liver dan jaringan limfoid yang tersebar di sumsung tulang manusia.

2. Lambung

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Shutterstock)

Lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi membantu pencernaan sebelum makanan mencapai usus.

Gerakan kontraksi yang dilakukan lambung merupakan proses pencernaan mekanis terakhir, dilanjutkan dengan pencernaan kimiawi menggunakan cairan asam klorida (HCl) yang disekresikan oleh dinding lambung.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved