ITK Sulut Triwulan II-2018 Akan Meningkat

Dengan indeks di atas 100 kondisi ekonomi maupun tingkat optimisme konsumen diperkirakan akan meningkat dibanding triwulan I-2018 (ITK sebesar 92,69).

ITK Sulut Triwulan II-2018 Akan Meningkat
TRIBUN MANADO/HERVIANSYAH
Ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Nilai ITK Sulawesi Utara (Sulut) pada Triwulan II-2018 diperkirakan sebesar 106,81, artinya dengan indeks di atas 100 tersebut kondisi ekonomi maupun tingkat optimisme konsumen diperkirakan akan meningkat dibanding triwulan I-2018 (ITK sebesar 92,69).

"Hal ini utamanya disebabkan karena pendapatan mendatang lebih tinggi dibanding triwulan I-2018 dan ada rencana pembelian barang tahan lama," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Moh Edi Mahmud, Minggu (27/5/2018).

Peningkatan pendapatan triwulan mendatang diperkirakan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berlangsungnya panen di sektor pertanian dan peningkatan produksi di beberapa lapangan usaha lainnya, serta pemberian tunjangan hari raya Idul Fitri bagi para karyawan.

Sama halnya dengan masyarakat di Sulut, ekspektasi masyarakat di seluruh provinsi wilayah Sulampua mengenai kondisi ekonominya di triwulan mendatang juga membaik dibanding triwulan I-2018.

Selain itu, seluruh provinsi juga mempersepsikan bahwa pendapatannya di triwulan II-2018 akan meningkat dibanding triwulan I-2018.

Provinsi yang diperkirakan memiliki ITK tertinggi adalah Maluku yaitu sebesar 125,48, sementara provinsi dengan perkiraan ITK terendah adalah Sulawesi Utara dengan perkiraan nilai ITK sebesar 106,81.

Tingginya perkiraan ITK lebih dipengaruhi oleh harapan masyarakat mengenai kondisi ekonominya di triwulan mendatang dan disertai dengan optimisme masyarakat menyambut hal-hal yang diperkirakan terjadi di triwulan II-2018. (Tribunmanado.co.id/Herviansyah)

Penulis: Herviansyah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved