Hardiknas 2018

Maurits Mantiri Pimpin Upacara Hardiknas di SMAN 1 Bitung

Sekitar 1.270 siswa SMA/SMA se Kota Bitung mengikuti upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional

Maurits Mantiri Pimpin Upacara Hardiknas di SMAN 1 Bitung
ISTIMEWA
Sekitar 1.270 siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/K) se Kota Bitung mengikuti upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMA Negeri 1 Bitung, Selasa (2/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekitar 1.270 siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/K) se Kota Bitung mengikuti upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMA Negeri 1 Bitung, Selasa (2/5/2018).

Upacara dipimpin oleh Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan juga diikuti oleh seluruh kepala sekolah SMA dan SMK.

Tema Hardiknas kali ini yaitu "Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan".

"Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara," ujar Wakil Wali Kota Bitung.

Ia menambahkan, peringatan Hardiknas kali ini diharapkan bisa dijadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha yang telah perjuangkan di bidang pendidikan.

"Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Kita juga perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan," jelasnya.

Ia berharap guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

"Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa," ujarnya.

Ia juga meminta agar semua unsur pendidikan bersama memaknai pembangunan karakter, literasi dan kompetensi, agar menjadi pedoman.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved