Tribun Travel

Menikmati Pesona Matahari Terbit di Pantai Salongo Timur Bolsel

INGIN mendapatkan pesona matahari terbit? Cobalah mengunjungi Pantai Salongo Timur (Saltim) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Menikmati Pesona Matahari Terbit di Pantai Salongo Timur Bolsel
TRIBUNMANADO/DAVID MANEWUS
Pantai Salongo Timur (Saltim) Bolsel 

Laporan wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU -  INGIN mendapatkan pesona matahari terbit? Cobalah mengunjungi Pantai Salongo Timur (Saltim) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Tempat yang begitu terbuka, tidak jauh dari muara sungai dan rumah penduduk ini menawarkan pemandangan indah. Awan kadang terlihat sangat dekat dengan kaki langit sejauh mata memandang ke laut lepas.
Pantai Saltim sangat dekat dengan kawasan ibu kota Kabupaten Bolsel. Bahkan dengan sepeda motor saja bisa ditempuh dalam waktu lima menit.

pantai saltim

Memasuki kawasan pantai, pengunjung tidak dibebankan biaya masuk atau sewa. Para pelancong bisa menikmati indahnya pemandangan pantai tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

pantai saltim
Untuk menikmati indahnya matahari terbit, wisatawan disarankan menginap di rumah penduduk. Pasalnya pesona matahari terbit lebih kuat daripada matahari terbenam.

pantai saltim

Bagi mereka yang tidak sempat melihat matahari terbit atau terbenam, deburan ombak, pasir yang masih jarang diinjak, dan bentuk pantai dalam teluk menghadirkan sensasi tersendiri.

Sangadi Saltim Don Taamale mengatakan, pantai ini dipersiapkan untuk wisata kuliner desa. Kawasan itu diusulkan agar didanai oleh pemerintah daerah (pemda).

pantai saltim
"Sudah ada banyak pengunjung. Belum ada pungutan," katanya.

Potensi pantai ini mulai dikembangkan pada 2011. Keistimewaannya, kata Taamale, pada terbitnya matahari. Duduk di pasir menghadap pantai menjadi pilihan yang patut dicoba.

"Ombak juga tergolong tenang," kata dia.

pantai saltim
Kedalaman laut baru ditemukan 20 meter dari garis pantai. Adapun panjang garis pantai 1.200 meter.
Lanjut Taamale, pantai itu punya pesona untuk penyelaman (diving). Karena itu, ia ingin membuat jalan-jalan di daerah pertemuan muara Toluaya dan Salongo.

Ia berharap tahun ini pantai dibuka secara umum oleh pemda. Setelah pemda, pemerintah desa akan mengembangkannya menggunakan dana desa.

"Pagar dibuat dari ujung ke ujung. Ternak juga tidak dibiarkan berkeliaran," ujarnya. (davidmanewus)

Penulis: David_Manewus
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved