Rumah Kopi Sarina Kawangkoan, Bakpao dan Mie Santapan Favorit

Bakpao Kawangkoan, yang berasal dari dua rumah kopi ini terkenal sebagai bakpao terenak di Sulawesi Utara.

Rumah Kopi Sarina Kawangkoan, Bakpao dan Mie Santapan Favorit
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN

TRIBUNMANADO.CO.ID, TRAVEL - Sarina dan Gembira adalah dua rumah kopi paling terkenal di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa. Dua rumah kopi ini selalu ramai dikunjungi warga lokal dan pelancong dari luar, dan telah menjadi destinasi wisata kuliner di Minahasa.

Kuliner yang paling terkenal, selain kopinya adalah bakpao dan mie. Hanya saja, olahan makanan di sini tak halal. Bakpao dan mie yang dicampur dengan daging babi menjadi menu favorit yang selalu diincar.

Bakpao Kawangkoan, yang berasal dari dua rumah kopi ini terkenal sebagai bakpao terenak di Sulawesi Utara. Dua warung kopi ini saling berdekatan, berada di kawasan pasar Kawangkoan. Tepat di pinggir jalan utama. Kali ini kita akan membahas soal rumah kopi Sarina.

Ada dua jenis bakpao yang dijual di tempat ini, yakni bakpao babi dan temo. Temo adalah isian bakpao yang berasal dari kacang hijau yang dihancurkan. Isiannya itu terlihat menghitam.

Yang membuat bakpao Kawangkoan terkenal enak adalah rotinya yang lembut dan isi bakpao yang lezat. Untuk daging babi, bumbu manisnya meresap hingga ke dalam. Daging babi yang dibumbu dicampur dengan sepotong telur.

Selain bakpao, mie yang dicampur dengan olahan babi juga menggoyang lidah penikmatnya. Aroma daging babi di mie ini sungguh terasa. Potongan kecil daging babi diberi banyak dan dicampur sayur sawi. Potongan bawang goreng pun semakin menambah kenikmatan mie ini, baik goreng maupun kuah.

Untuk kopinya, racikan kopi di rumah kopi Sarina ini sungguh nikmat. Tal terlalu manis, dan tak hambar pula. Kopi tersedia dalam dua jenis, yakni kopi hitam dan kopi susu. Ada juga pilihan menu lainnya berupa nasi goreng, roti bakar, pia, dan aneka minuman lainnya.

Suasana rumah kopi Sarina ini nyaman untuk pengunjung, rapi dan bersih. Pelayanan para pekerja yang menggunakan seragam pun ramah dan cekatan. Pengunjung di rumah kopi ini tak perlu menunggu lama untuk pesanannya. Fasilitas wifi pun semakin membuat betah para pengunjung.

Untuk harganya, tak perlu khawatir. Harga di rumah kopi ini pas di kantong. Secangkir kopi susu dihargai Rp 6 ribu. Bakpao Rp 9 ribu per buah. Mie Rp 16 ribu per porsi dan beberapa menu lainnya yang juga murah.

Menemukan lokasi ini tak sulit, berada di kawasan pasar Kawangkoan. Butuh berkendara sekitar 90 menit dari Kota Manado. Kondisi jalan dalam keadaan baik. Jika menggunakan angkutan umum, dari terminal Karombasan Manado, naik jurusan Kawangkoan. Turun di terminal Kawangkoan, dan tinggal jalan kaki sedikit sudah sampai di rumah kopi ini.

Di dekat kawasan kuliner rumah kopi ada destinasi wisata Bukit Kasih, situs budaya Watu Pinabetengan dan Museum kebudayaan Pa'Dior Tompaso. Setelah melancong ke destinasi-destinasi tersebut, bersantai sejenak dengan kuliner nikmat yang menggoyang lidah. (tribunmanado/finneke wolajan)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.

Penulis: Finneke
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved