Ini Tarif Baru Angkutan Umum di Minahasa yang Mulai Berlaku

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Minahasa Nomor 3 Tahun 2015 tentang Penyesuaian Kembali Tarif Angkutan Penumpang Kelas Ekonomi.

Penulis: Alpen_Martinus | Editor:
GRAFIS TRIBUNMANADO/YUDI NUGRAHA

Laporan wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Pasca-diturunkannya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Minahasa akhirnya mengeluarkan daftar tarif angkot baru.

"SK daftar angkutan umum Kabupaten Minahasa sudah ditandatangani dan siap untuk diberlakukan, dan nanti kami akan tempelkan juga ke beberapa tempat umum, supaya masyarakat bisa melihat," jelas Arnold Siby Kabid Perhubungan Darat Dishubinfokom Minahasa, Kamis (22/1/2015).

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Minahasa Nomor 3 Tahun 2015 tentang Penyesuaian Kembali Tarif Angkutan Penumpang Kelas Ekonomi dengan Mobil Bus Umum dan Mobil Penumpang Umum di Kabupaten Minahasa.

Ia menambahkan, supir kendaraan umum harus mengikuti aturan tersebut, sebab sudah menjadi kesepakatan bersama saat rapat bersama denga Organda yang membawahi asosiasi sopir di Minahasa.

"Para supir harus ikut aturan, berikan uang kembalian kepada penumpang, tapi akan lebih baik jika penumpang membayar dengan uang pas," jelasnya.

Menurutnya, jika supir tidak memberlakukan tarif baru, sudah ada sanksi yang menunggu."Tapi sanksinya bisa bertahap, bisa mulai dari teguran, hingga pencabutan izin trayek," ujarnya.

Ia berharap juga kepada masyarakat, untuk melaporkan kepada Dishubinfokom, jika ada oknum sopir yang nakal dan mengambil keuntungan dari turunnya tarif kendaraan, atau tetap memberlakukan tarif lama.

"Silakan laporkan kepada kami, namun tetap kami melakukan pengawasan terhadap pemberlakuan tarif baru tersebut, sehingga diharapkan semua supir angkutan umum bisa berlakukan," kata dia.

Beberapa rincian daftar tarif baru dari puluhan trayek, di antaranya, Tondano-Sumalangka Rp 2350 dan pelajar/mahasiswa Rp 2000, Tondano-Kampus Unima Rp 4250 dan pelajar/mahasiswa Rp 3650, Tondano-Eris Rp 4150 dan pelajar/mahasiswa Rp 3350, Tondano-Kombi Rp 6300 dan pelajar/mahasiswa Rp 5350, Tondano-Langowan Rp 6900 dan pelajar/mahasiswa Rp 5900, Tondano-Kawangkoan Rp 7000 dan pelajar/mahasiswa Rp 5900, dan masih banyak lagi, yang pasti turunnya berkisaran 9,5 persen dari tarif sebelumnya. (*)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved