Jamsostek

Masih Banyak Perusahaan di Sulut Belum Daftarkan Jamsostek

Sampai sekarang kepesertaan Jamsostek baru 1.768 perusahaan, ini sampai pada posisi oktober 2011

Editor:
Laporan Wartawan Tribun Manado Defriatno Neke


TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
‑ Pemimpin PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Cabang Sulawesi Utara, Arief Budiarto, mengharapkan perusahaan yang belum masuk Jamsostek agar bisa mengikuti kepersertaannya sebagai anggota Jamsostek. Menurutnya hal ini karena masih banyak perusahaan yang ada di Sulut belum masuk sebagai anggota Jamsostek.

"Sampai sekarang kepesertaan Jamsostek baru 1.768 perusahaan, ini sampai pada posisi oktober 2011. Sedangkan anggota Jamsostek baru 47.534 anggota," kata Arief saat ditemui Tribun Manado di ruang kerjanya, Selasa (15/11).

Jamsostek, katanya, terus melakukan sosialisasi ke perusahaan tentang pentingnya jamsostek bagi para karyawan perusahaan.

Badan Pusat Statistika (BPS) Sulut belum lama ini yang menyatakan, keadaan ketenagakerjaan di Sulawesi Utara pada bulan Agustus 2011 menunjukkan adanya perbaikan yakni mencapai 1,084 juta orang atau bertambah 15,8 ribu orang dibanding Februari 2011 yang sebanyak 1,068 juta orang.

Perbaikan juga tergambar dari kenaikan 0,61 persen Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) periode Februari 2011‑ Agustus 2011 menjadi 65,32 persen. Menurut BPS, peningkatan TPAK merupakan indikasi peningkatan potensi ekonomi dari sisi suplai tenaga kerja.

"Peningkatan jumlah angkatan kerja selama periode Februari ‑ Agustus 2011 terutama terjadi karena adanya penyerapan tenaga kerja baru sebesar 20,5 ribu orang sehingga penduduk bekerja menjadi berjumlah 990,7 ribu orang yang tersebar pada berbagai sektor," ujar Kepala BPS Sulut, Dantes Simbolon. (def)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved