Proses Ini yang Harus Dilewati Indonesia, Jika Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia telah mengirimkan surat pengajuan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, yang ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden Jokowi

Proses Ini yang Harus Dilewati Indonesia, Jika Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Line Today
Olimpiade 2032 

TRBUNMANADO.CO.ID - Indonesia telah mengirimkan surat pengajuan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, yang ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden Jokowi kepada Presiden IOC Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Penyerahan surat Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 tersebut dilakukan oleh Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadadenin, Senin (11/2/2019).

"Di sela-sela kesibukan kampanye, Presiden pernah menyempatkan diri mendiskusikan hal tersebut. Benar, kini sudah resmi Indonesia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Selasa (19/2/2019).

Ia juga mengatakan bahwa keinginan Indonesia untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, semakin kuat setelah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018.

“Sesuai dengan apa yang pernah saya katakan, bahwa pasca-Asian Games 2018, akan ada pengajuan surat secara resmi. Jika ditanyakan kesiapan, saya yakin Indonesia akan siap. Buktinya, kita mampu menggelar Asian Games 2018 meski hanya memiliki dua tahun tiga bulan persiapan,” papar Erick Thohir.

Keinginan Indonesian menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 itu sudah diungkapkan secara lisan oleh Presiden Jokowi, saat Thomas Bach mengunjungi Indonesia pada 2018.

Baca: Gibran Tampil Sederhana Saat Menghadiri Acara Pernikahan Anak Pengusaha Tajir di Bali

Baca: Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw Apresiasi Langkah Pengadilan Bentuk Zona Integritas

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

Kesuksesan dalam Asian Games 2018, baik dari segi penyelenggaraan dan prestasi, memang membuat Pemerintah Indonesia percaya diri mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

"Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini, maka kita, Indonesia, yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar," kata Presiden Jokowi saat konferensi pers bersama Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Skeikh Ahmad Fahad Al-Sabah, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018).

Lantas, apa dan bagaimana proses yang harus dilalui Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade?

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved